Alhamdulillah, Peringkat Ekonomi RI di Atas Rata-Rata Negara ASEAN

Kamis, 15 Juli 2021 - 14:24 WIB
loading...
Alhamdulillah, Peringkat Ekonomi RI di Atas Rata-Rata Negara ASEAN
Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah mengklaim pertumbuhan ekonomi Indonesia masih lebih baik dibandingkan sejumlah negara di Asia Tenggara (ASEAN) . Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, peringkat ekonomi Indonesia berada di atas rata-rata negara-negara di ASEAN.

Realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia minus 2,07% year on year (yoy) di 2020. Kontraksi tersebut masih lebih baik dibandingkan dengan rata-rata pertumbuhan ekonomi di ASEAN berdasarkan data Asian Development Outlook pada April 2021 yang kontraksi 4% yoy.

Baca juga:Seorang Wanita Telanjang Terjepit di Antara Dua Gedung, Kok Bisa?

"Ekonomi kita lebih baik peringkatnya dari Asia Tenggara. Alhamdulillah Indonesia bisa mencegah pemburukan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi 2020 yang hanya mengalami kontraksi sekitar dua persen," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Kamis (15/5/2021)

Lanjutnya, kinerja neraca perdagangan justru mengalami surplus hingga USD21,72 miliar. Meroket dari capaian tahun 2019 yang mengalami defisit sebesar USD3,59 miliar.

"Neraca perdagangan mengalami surplus yang melonjak tinggi dari 2019 yang mengalami defisit sebesar USD3,59 miliar," katanya.

Baca juga:Eropa Akui Ahli Bunuh Varian Delta dengan Campur 2 Vaksin Covid-19

Dia menambahkan, pemerintah akan terus menyeimbangkan penanganan pandemi secara efektif dengan memulihkan ekonomi, serta membangun fondasi ekonomi Indonesia agar semakin kuat. Salah satu upaya tersebut melalui reformasi struktural agar Indonesia menjadi tujuan investasi bagi masyarakat Indonesia sendiri maupun seluruh investor di dunia.

"Kepercayaan dari investor untuk bisa memulihkan dan untuk bisa ikut berinvestasi di Indonesia tentu akan menambah akselerasi pemulihan ekonomi Indonesia," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0895 seconds (0.1#10.140)