IHSG Butuh Banyak 'Doping' Domestik agar Tetap Perkasa

Jum'at, 16 Juli 2021 - 10:38 WIB
loading...
IHSG Butuh Banyak Doping Domestik agar Tetap Perkasa
Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indeks harga saham gabungan (IHSG) berada di zona hijau pada pembukaan perdagangan pagi hari ini (16/7/2021). IHSG menguat 0,43% dan berada di level 6.072.

Analis PT MNC Sekuritas Catherine Vincentia mengatakan, masih terdapat beberapa sentimen positif untuk menopang penguatan dari IHSG. Khususnya sentimen positif yang berasal dari dalam negeri, seperti neraca perdagangan yang surplus.

Baca juga:Membangun Hotel di Bulan, Mimpi Panjang yang Tak Terwujudkan

“Untuk pergerakan IHSG kemarin, kami lihat mungkin masih ada sentimen positif dari dalam negeri. Neraca perdagangan mencatatkan surplus sebesar USD1,32 miliar,” katanya dalam acara Market Opening IDX Channel, Jumat (16/7/2021).

Catherine menjelaskan, ekspor memang masih lebih tinggi jika dibandingkan impor, meskipun growth dari impor secara tahunan masih lebih tinggi daripada ekspor. Namun, peningkatan ekspor dan impor ini memang menjadi sentimen positif untuk IHSG.

“Peningkatan dari ekspor dan impor ini memang cukup baik, karena menunjukkan adanya recovery dari ekonomi Indonesia. Meskipun kemarin secara global sendiri mencatatkan penutupan yang bervariasi, khususnya di Wall Street. Itu sepertinya tidak menjadi suatu dampak ke IHSG,” jelas dia.

Lanjut dia, adanya rilis data penjualan mobil dari Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) yang mencatat penjualan mobil meningkat, juga diharapkan menjadi salah satu sentimen yang mendorong pergerakan IHSG.

“IHSG sendiri kami cukup positif, karena kemarin juga ada rilis data penjualan mobil dari Gikindo yang mencatatkan penjualan mobil meningkat secara month on month dan year on year. Kita lihat secara year on year penjualan mobil hingga bulan Juni itu meningkat sebanyak 50%,” ujar Catherine.

Baca juga:Kasus Presiden Moise Ditembak Mati: Libatkan Bos Paspampres Haiti, Begini Plotnya

Sementara itu, Catherine menuturkan, pergerakan IHSG hari ini diprediksi masih cenderung mix. IHSG akan bergerak di rentang 6.000-6.070.

“Untuk pergerakan IHSG hari ini, kami perkirakan masih cenderung mix dengan rentang pergerakan di 6.000-6.070. Nah, untuk rekan-rekan investor mungkin bisa perhatikan ada support yang berada di 5.913 dan resistance di 6.134,” tutur dia.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1340 seconds (0.1#10.140)