Warteg, PKL dan Usaha Kecil Bakal Diguyur Dana Rp13,35 Triliun

Sabtu, 17 Juli 2021 - 21:22 WIB
loading...
Warteg, PKL dan Usaha Kecil Bakal Diguyur Dana Rp13,35 Triliun
Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan memberikan bantuan modal bagi usaha mikro dan kecil. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, pemerintah akan menggelontorkan Rp13,35 triliun untuk program pemberdayaan ekonomi.

Adapun, program itu masuk dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah. Dana tersebut nantinya akan disalurkan untuk membantu usaha kecil seperti warung tegal (warteg) dan usaha kecil lainnya.



"Dalam APBD ada anggaran Rp12,11 triliun untuk perlindungan sosial dan Rp13,35 triliun untuk pemberdayaan ekonomi untuk usaha kecil, pedagang kaki lima, warteg, dan lain-lain," kata Sri Mulyani dalam jumpa pers virtual, Sabtu (17/7/2021).

Selanjutnya, ada bantuan produktif bagi usaha mikro atau BLT UMKM yang menyasar 3 juta penerima baru. "Pemberdayaan UMKM ada Rp11 triliun. Ini yang kita harap segera dicairkan sehingga bisa dirasakan langsung," imbuhnya.



Menkeu pun sudah meminta data kepada Kementerian Koperasi dan UKM dan menurutnya data ini perlu dipercepat agar dana bantuan bisa segera dicairkan.

"Kami minta kepada Kementerian Koperasi dan UMKM bagi 3 juta peserta baru bisa diberikan. Kita harap datanya lebih baik dan targetnya lebih. Ini bantuan cash kepada usaha kecil, jadi target total 12,8 juta usaha mikro dengan total anggaran 13,6 triliun," tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5071 seconds (0.1#10.140)