Raih Izin KYC, MotionBanking Siap Jadi Bank Digital Terbesar di Tanah Air

loading...
Raih Izin KYC, MotionBanking Siap Jadi Bank Digital Terbesar di Tanah Air
Foto/ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo optimistis MotionBanking akan menjadi bank digital dengan pertumbuhan tercepat dan terbesar di Tanah Air. Hary menegaskan bahwa MotionBanking akan sepenuhnya mobile contactless dalam fitur debit dan kredit, sehingga semua transaksi dilakukan tanpa melalui kontak fisik.

"Ini adalah komitmen kami untuk membuat MotionBanking menjadi bank digital yang tumbuh tercepat dan terbesar. Saya bicara secara terbuka, ini sudah menjadi rencana bisnis kami, dan sudah jadi pernyataan dalam visi-misi bisnis kami," kata Hary dalam MOU Signing Ceremony MotionBanking & Mastercard, secara virtual, Selasa (27/7/2021).

Baca juga:Jumpa Wakil Israel di Olimpide Tokyo 2020, Atlet Judo Sudan Pilih Mundur

Bank MNC Internasional Tbk (BABP) yang mengoperasikan MotionBanking dan Mastercard telah menandatangani nota kesepahaman atau MOU untuk meluncurkan fitur MotionMastercard, yaitu virtual debit dan kredit pengganti kartu plastik.



MotionBanking juga berencana membangun virtual kolaborasi dengan sejumlah e-commerce dan jasa keuangan lain, sejalan dengan solusi pembayaran tanpa kartu (cardless). Kabar baiknya, pihak MNC Bank telah mendapatkan izin dari OJK atas penggunaan KYC atau know your customer.

KYC adalah rangkaian proses mengetahui dan memverifikasi data nasabah dalam sistem keuangan digital. Proses ini dimulai dengan tahapan memverifikasi identitas baik sebelum atau selama memulai suatu transaksi.

Baca juga:Apakah Virus Covid-19 Bisa Menyebar Melalui Makanan?

Nantinya, dengan fitur KYC biometric dan artificial intelligence (AI), pengguna baru dapat dengan mudah mendaftar cukup dengan swafoto (selfie), tanpa harus melakukan video call dengan customer service. Lebih jauh, sistem dapat menangani pembukaan rekening dalam jumlah unlimited (tidak terbatas).

"Saya ingin beritahu kabar baik, Jumat lalu kita dapat persetujuan dari OJK atas izin penggunaan KYC, untuk hanya dengan foto selfie. Karena kita juga kerja sama dengan Dukcapil. Nantinya, saat membuka (rekening) dapat selesai dalam 1-2 menit dengan cukup selfie, bukan dengan video melalui call center. Kami telah mempersiapkan semuanya. Kita telah mengunggah ke Google Play dan AppleStore, harapannya dalam satu-dua hari bisa segera jalan," terang Hary.
(uka)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top