Ekosistem Halal Value Chain Bisa Bangkitkan Perekonomian

Selasa, 27 Juli 2021 - 23:05 WIB
loading...
Ekosistem Halal Value Chain Bisa Bangkitkan Perekonomian
Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sektor industri makanan halal dan fashion muslim dapat menjadi sektor unggulan yang dapat berkontribusi dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional . Masa pandemi yang cenderung menghambat aktivitas global supply chain, menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk menghidupkan pasar lokal dan aktivitas produksi nasional.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni P. Joewono menyampaikan bahwa Bank Indonesia dalam mengembangkan industri halal menggunakan pendekatan komprehensif, yakni melalui pengembangan ekosistem halal value chain.

Beberapas strateginya antara lain, pertama, pengembangan industri halal tidak dapat hanya bertumpu pada produk dan pelaku usaha, tetapi seluruh komponen secara end-to-end, mulai dari proses pengemasan, distribusi, sampai dengan pemasaran.

Baca juga:Jelang Pelaksanaan Umrah 1443H, Kemenag Susun Skema Vaksin Booster

"Kedua, pengembangan ekosistem halal value chain juga mencakup sektor keuangan syariah yang mendorong pembiayaan syariah, baik melalui keuangan komersial syariah maupun keuangan sosial syariah, ZISWAF," kata Doni di Jakarta, Selasa (27/7/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo, Idris Rahim, menyampaikan apresiasi atas upaya Bank Indonesia yang telah bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam pengembangan sektor ekonomi strategis. Hal itu dilakukan melalui berbagai program. Di antaranya pengembangan UMKM, termasuk yang berbasis ekspor seperti sulaman Karawo yang telah dipamerkan dan dipasarkan di Amerika dan Turki.

Lebih lanjut, Idris Rahim menambahkan upaya pengembangan ekonomi syariah di wilayah Provinsi Gorontalo melalui kemandirian ekonomi pesantren, pengembangan pelaku usaha eksyar, halal value chain, dan kegiatan diseminasi ekonomi syariah diyakini akan berdampak pada literasi dan kemajuan ekonomi syariah.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI, Rachmad Gobel, turut menyampaikan apresiasi atas kontribusi dan peran BI yang secara konsisten menjalin strategic partnership dengan pemerintah daerah dalam rangka memberikan rekomendasi pemulihan ekonomi regional secara sektoral yang diriingi berbagai program sinergi implementasi pengembangan UMKM dan digitalisasi pembayaran.

Baca juga:Peringatan China Tak Digubris, Kapal Perang Inggris Masuki Laut China Selatan

“Bersinergi Membangun Ekonomi dan Keuangan Syariah untuk Memperkuat Momentum Pemulihan Ekonomi Melalui Keunggulan Sumber Daya Regional "dan akan berlangsung selama 8 (delapan) hari mulai tanggal 27 Juli – 3 Agustus 2021 secara virtual. Gelaran FESyar KTI merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Road to ISEF (Indonesia Sharia Economic Festival ) 2021," katanya.

Kegiatan FESyar ini terdiri dari Sharia Economic Forum dan Sharia Fair secara virtual, berupa kegiatan sosialisasi dan edukasi ekonomi syariah, baik berbentuk business matching, lomba, seminar, forum diskusi dan lain sebagainya.

Pelaksanaan FESyar Regional KTI 2021 diharapkan dapat mempertemukan supplier dan produsen, produsen dan distributor, produsen dan konsumen, maupun investor pada industri halal nasional. Kegiatan ini akan dapat mengoptimalkan keunggulan produk daerah sehingga dapat mendorong pengembangan industri halal Indonesia dan berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0984 seconds (0.1#10.140)