Nasib Pengusaha Mal: PPKM Disetop Saja Susah, Apalagi Diperpanjang

Senin, 02 Agustus 2021 - 13:05 WIB
loading...
Nasib Pengusaha Mal: PPKM Disetop Saja Susah, Apalagi Diperpanjang
Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) menilai, jika PPKM Level 4 saja dihentikan, mal masih cukup berat untuk bisa pulih. Apalagi jika ada kebijakan pemerintah memperpanjang PPKM hingga Senin (9/8).

Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja mengatakan, berdasarkan pengalaman beberapa bulan ini, untuk mengembalikan atau menaikkan pengunjung mal sekitar 10-20% saja diperlukan waktu tiga bulan.

Baca juga:Habis Digeledah dan Bosnya Jadi Tersangka, Gudang Obat-obatan di Kalideres Kembali Beroperasi

"Cukup berat. Jadi dampak PPKM ini tidak akan langsung serta merta terhenti setelah PPKM Level dihentikan. Enggak, ini akan terus berlanjut dan memerlukan 3-4 bulan," ujarnya di Jakarta, Senin (2/8/2021).

Pihak APPBI juga sudah tahu bahwa ada pelonggaran bagi pusat berbelanjaan yang ada di wilayah PPKM level 3. Namun, faktanya lokasi mal banyak berada di wilayah yang PPKM-nya level 4. Alphonzus juga menyinggung syarat mal dibuka dengan kapasitas 25% saja sampai jam 17.00 sore menimbulkan kondisi yang masih berat.

"Karena malam hari itu adalah puncak kunjungan di suatu pusat perbelanjaan atau pick hour-nya pusat perbelanjaan. Dengan sampai jam 17.00 sore itu, artinya mengurangi puncak kunjungan belom lagi ditambah cuma 25%. Jadi bisa dibayangkan betapa masih beratnya meskipun sudah dikasih pelonggaran," tambah dia.

Baca juga:Gokil, YouTuber JerryRigEverything Ubah Mesin Humvee Jadi Full Listrik

Padahal menurutnya, pengelola mal sudah memberlakukan protokol kesehatan ketat, dan setelah lolos pemeriksaan juga pengunjung ada prokes yang diberlakukan setiap toko. Perlu diketahui pusat perbelanjaan juga punya Satgas Covid-19 internal yang bisa menindak pengunjung langsung dengan ditegur atau bahkan jika tak patuh bisa diusir.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1512 seconds (0.1#10.140)