Bagi Harta Gono Gini dengan Melinda, Bill Gates Tak Lagi Jadi Orang Paling Tajir ke-4 di Dunia

Selasa, 10 Agustus 2021 - 12:30 WIB
loading...
Bagi Harta Gono Gini dengan Melinda, Bill Gates Tak Lagi Jadi Orang Paling Tajir ke-4 di Dunia
Bill Gates dan Melinda Gates, pasangan miliarder Amerika Serikat yang memilih bercerai setelah 27 tahun menikah. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Bill Gates terlempar dari daftar orang terkaya di dunia setelah proses transfer saham ke mantan istrinya, Melinda French Gates. Adapun saat ini total kekayaan Melinda bernilai sekitar USD5,6 miliar. Diketahui, pasangan ini sedang dalam proses pembagian aset setelah perceraian mereka selesai di pekan lalu.

Dilansir dari Forbes, Selasa (10/8/2021), dengan ditransfernya serangkaian saham baru ke Melinda, Bill kehilangan posisi sebagai orang terkaya keempat di dunia.

Saat ini, total kekayaan Bill Gates USD129,6 miliar, yakni lebih sedikit dari CEO Facebook FB Mark Zuckerberg. Posisinya pun turun menjadi orang terkaya kelima di dunia. Adapun kendaraan investasi Bill, Cascade Investment LLC, mentransfer hampir USD2,4 miliar saham ke Melinda pada Kamis (5/8).

Perpindahan saham tersebut pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg pada hari Senin. Pada bulan Mei, beberapa hari setelah pasangan itu mengumumkan perceraian mereka, Bill Gates mentransfer saham senilai USD3,2 miliar ke Melinda.

Baca juga: Dokumen Pengadilan Bocor, Bill dan Melinda Gates Resmi Bercerai

Menurut pengajuan SEC, Melinda menerima 3,3 juta saham AutoNation AN 0,0% senilai sekitar USD392 juta. Saat ini, Melinda memiliki 8,8% dari pengecer mobil yang berbasis di Florida.

Kemudian, Cascade juga mentransfer 2,8 juta saham pembuat peralatan pertanian Deere & Co. DE +0,7%, yang saat ini bernilai USD1 miliar dan 9,5 juta saham Canadian National Railway Co sekarang juga bernilai USD1 miliar.

Sementara itu, tidak diketahui dengan jelas berapa banyak yang akan didapat Melinda. Mungkin Melinda juga menerima aset tambahan dari Bill Gates, seperti saham di perusahaan swasta atau real estat yang tidak perlu diungkap ke publik atas transfer tersebut.

Baca juga: TikTok Bakal 'Menggoyang' Bursa Saham Hong Kong Awal 2022

Lebih lanjut, investasi Cascade Bill Gates tidak perlu mengungkapkan transfer saham jika Bill memiliki kurang dari 5% dari perusahaan yang terdaftar. Persyaratan yang menentukan bagaimana kekayaan besar pasangan itu akan dibagi dalam kontrak pemisahan non-publik, yang ditandatangani sebelum Bill dan Melinda mengumumkan perceraian mereka pada bulan Mei.
(ind)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1030 seconds (10.177#12.26)