Luhut Minta Pemda Bogor Tingkatkan Vaksinasi Harian Jadi 100.000

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 16:02 WIB
loading...
Luhut Minta Pemda Bogor Tingkatkan Vaksinasi Harian Jadi 100.000
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (dua kanan) didampingi Menkes Budi Gunadi Sadikin saat mengunjungi Bogor. Foto/Dok Kemenko Marves
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) sekaligus koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan pada hari ini melakukan peninjauan ke Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Didampingi Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Luhut mengunjungi Sentra Vaksinasi di Stadion Pekansari serta Pusat Isolasi di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri Kecamatan Kemang.

Pada kesempatan tersebut, dia mengingatkan pentingnya vaksinasi guna mencegah Covid-19, khususnya di tengah kemunculan varian baru yaitu varian Delta.



Luhut pun meminta pemerintah daerah (Pemda) kabupaten Bogor untuk menambahkan jumlah target capaian dari vaksinasi menjadi 100.000 per hari. Selain itu, dia menyarankan Pemda memberi perhatian khusus vaksinasi bagi ibu hamil.

"Kami sudah sepakat, Bu Ade (Bupati Bogor Ade Yasin) harus bisa menyuntik (vaksin) 100.000 per hari. Diharapkan mulai minggu depan sudah mulai bisa," kata Luhut melalui pernyataan tertulis yang diterima MNC Portal Indonesia (MPI), Sabtu (14/8/2021).

Dia menyampaikan data hingga Jumat (13/8), di Kabupaten Bogor masih terdapat 1.378 kasus aktif Covid-19 dan ini memerlukan penangangan yang baik. Penanganan itu dilakukan salah satunya dengan menggencarkan 3T (testing, tracing, treatment) serta memaksimalkan fasilitas Isolasi Terpusat (Isoter).

"Kelemahan kita itu karena isoman (isolasi mandiri) di rumah terlalu banyak. Kalau kena, paling bagus itu masuk Isoter karena di Isoter itu semua ada. Dokternya ada, makannya bagus, obatnya cukup, pemeriksaan lainnya bagus," tuturnya.



Sejauh ini, tingkat persentase pasien isoman di Kabupaten Bogor ialah sebesar 51 persen. Untuk itu, Pemda Kabupaten Bogor diharap untuk lebih kooperatif dan meningkatkan kinerja, khususnya memaksimalkan fasilitas Isoter yang sudah disiapkan pemerintah agar pasien bisa lebih terpantau dan tertangani dengan baik.

Luhut juga menyebutkan bahwa persentase kesembuhan pasien Isoter bisa mencapai 99,9 persen. Bahkan, di Buleleng tingkat kesembuhannya bisa mencapai 100%.

Sampai saat ini, Pusat Isolasi di BPSDM Kemendagri Kemang sudah merawat 1.057 pasien. Dari jumlah tersebut, sebagian besarnya sudah sembuh, dan saat ini masih tersisa 4 pasien.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2402 seconds (0.1#10.140)