Lebih Efisien, Pemerintah Dorong Pemanfaatan Teknologi Informasi di Sektor Tambang

Selasa, 17 Agustus 2021 - 10:50 WIB
loading...
Lebih Efisien, Pemerintah Dorong Pemanfaatan Teknologi Informasi di Sektor Tambang
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong pemanfaatkan teknologi informasi untuk sektor pertambangan di tengah tantangan situasi pandemi Covid-19 .

Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Tata Kelola Minerba, Irwandy Arif dalam webinar bertajuk ‘Tambang dan Energi Bakti untuk Negeri’ di Jakarta, Senin (16/8) mengatakan, optimalisasi teknologi diharapkan dapat meningkatkan kinerja sektor pertambangan sehingga kontribusinya terhadap perekonomian tetap terjaga bahkan semakin membaik.

Pemanfaatan teknologi juga dilakukan untuk meningkatan pelayanan melalui sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko.



“OSS untuk mempermudah perizinan, kalau ada hambatan bisa (menghubungi) ke hotline Ditjen minerba, (sampaikan) hambatannya di mana,” ujarnya, dikutip Selasa (17/8/2021).

Selain itu, Kementerian ESDM juga telah menggunakan teknologi informasi dalam aspek pengawasan. Misalnya pada subsektor mineral dan batu bara, pelaporan dilakukan melalui Minerba One Map Indonesia (MOMI), Minerba One Date Indonesia (MODI), MinerbaOnline Monitoring System(MOMS) dan Modul Verifikasi Penjualan (MVP), E-PNBP dan Sistem Informasi Pencatatan Piutang (SIPP).

Pada kesempatan yang sama, Enterprise Sales Director PT Link Net Tbk, Agung Satya Wiguna mengatakan, dari kaca mata bisnis tantangan pandemi telah mendorong seluruh stakeholder untuk berinovasi. Salah satu langkahnya dengan mengadopsi teknologi informasi.

Penggunaan teknologi dinilai dapat meningkatkan efisiensi operasional bisnis di sektor pertambangan yang bermuara pada peningkatan margin perusahaan. “Bisnis pertambangan perlu mengaplikasikan teknologi sebagai wujud menjawab tantangan yang semakin dinamis,” sebutnya.



Agung menambahkan, Link Net sebagai perusahaan provider serta solusi teknologi informasi dan komunikasi mendukung sektor pertambangan dengan mengupayakan layanan jaringan komunikasi yang dinilai andal dan prima demi tercapainya operasional yang lebih optimal.

Link Net menawarkan solusi very small aperture terminal(VSAT) dengan memaksimalkan komunikasi via satelit yang diklaim aman, nyaman dan lancar. “Layanan remote solution dari Link Net dapat mendukung operasional bisnis dari hulu ke hilir, mulai dari eksplorasi hingga distribusi melalui teknologi dan aplikasi sistemik yang terhubung ke internet,” tuturnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9392 seconds (0.1#10.140)