Pengamat Sebut Indonesia Kebanyakan Jenis Bansos

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 04:59 WIB
loading...
Pengamat Sebut Indonesia Kebanyakan Jenis Bansos
Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio mengatakan, jenis bantuan sosial (bansos) di Indonesia terlalu banyak dan tidak satu pintu dalam penyalurannya sehingga kerap tidak efektif. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio mengatakan, sistem bantuan sosial (bansos) di Indonesia masih banyak jenis bansos yang aplikasinya belum merata, kurang efektif dan masih ditemukan banyak kecurangan.

“Kebanyakan bansos di Indonesia kemarin kalau tidak salah ya sampai 7 atau 9 jenis bansos tapi aplikasinya banyak data yang tidak sesuai, tidak merata yang ada malah dikorupsi,” kata Agus Pambagio saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (20/8).



Dibanding sistem bantuan sosial yang di lakukan di negara lain, terang dia hanya memberlakukan bantuan sosial dengan jumlah yang sedikit jenisnya tapi efektif penyalurannya. “Beberapa negara paling cuma satu atau dua saja saja misalnya di Amerika hanya untuk yang telah berumah tangga, udah bentuknya itu saja,” ungkapnya.

Disampaikan oleh Agus bentuk bantuan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia pun sangat bermacam-macam dibanding di negara lain. “Kalau di luar kan udah hanya uang, Indonesia kan macam-macam. Ada sembako, uang, ini itu tapi tidak efektif dan bagaimana mengawasinya. Itu kan sumber korupsi juga dan ini tak mudah,” ujarnya.



Dalam hal ini dirinya menyampaikan bahwa untuk data dan bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah luar di negara lain sudah sangat jelas dan pasti. Diterangkan juga olehnya, bila penyaluran bansos di negara hanya satu pintu. Hal ini berbeda dengan Indonesia yang ada beberapa jalur sehingga mempengaruhi efisiensi pemberian bansos.

“Iya kan datanya juga sudah pasti kalau misalkan data negaranya sudah pasti, penyebarannya juga pasti sesuai dan juga tidak ada ditemukan kecurangan kecurangan dan itu minim sehingga gampang untuk dilakukan peninjauan ataupun pembagiannya,” tambahnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3544 seconds (0.1#10.140)