Tol Dalam Kota Akan Dongkrak Perekonomian Jakarta

Selasa, 24 Agustus 2021 - 22:42 WIB
loading...
Tol Dalam Kota Akan Dongkrak Perekonomian Jakarta
Tol Dalam Kota Akan Dongkrak Perekonomian Jakarta
A A A
JAKARTA - Pembangunan jalan tol dalam kota dapat mendongkrak ekonomi di tengah pandemi Covid-19 karena dapat mendorong mobilitas orang dan barang. "Tol ini menghubungkan sentra-sentra ekonomi di DKI Jakarta seperti Pelabuhan Tanjung Priok, KEK Marunda, kawasan bisnis Tanah Abang," kata Komisaris PT Jakarta Tollroad Development (JTD) Trisna Muliadi dalam keterangan tertulisnya Selasa (24/8/2021).

PT JTD sendiri merupakan pemegang hak konsesi enam ruas jalan tol dalam kota Jakarta berdasarkan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) yang ditandatangani pada 25 Juli 2014. PT JTD merupakan anak usaha Pembangunan Jaya yang dibelakangnya terdiri dari PT Jaya Real Property Tbk sebesar 28,85%, PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk sebesar 20,50%, PT Pembangunan Jaya Infrastruktur sebesar 17,76%, PT Pembangunan Jaya sebesar 14,44%, PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk sebesar 11,96%, PT Jaya Land sebesar 4,05%, dan BUMD DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo sebesar 2,43%.

(Baca Juga : Percepatan Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Solo Perlu Didukung )

Trisna mengatakan, tol dalam kota Jakarta nantinya terbagi menjadi enam ruas dengan total panjang 69,78 kilometer yang dibagi dalam tiga tahapan yakni tahapan pertama ruas Semanan-Sunter dan Sunter-Pulogebang sepanjang 20,38 kilometer. Kemudian tahap kedua meliputi ruas Duri Pulo-Kampung Melayu dan Ulujami Tanah-Abang sepanjang 20 kilometer. Sedangkan untuk tahap tiga meliputi ruas Kemayoran – Kampung Melayu, dan Pasar Minggu – Casablanca sepanjang 17 kilometer.

Trisna yang juga Presiden Direktur PT Pembangunan Jaya ini mengatakan, jalan tol ini nantinya akan melengkapi jalan tol metropolitan Jabodetabek dan merupakan bagian dari jalan tol lingkar dalam dan lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR). DIa menambahkan, pihaknya akan terus mendukung pengembangan kota Jakarta melalui pembangunan infrastruktur jalan tol dan infrastruktur transportasi umum masal lainnya yang modern dan inovatif.

(Baca Juga : Jangan Panik Jika Alami Pecah Ban di Jalan Tol, Lakukan Langkah Ini )

“Dengan demikian, PT JTD dan kelompok usaha Pembangunan Jaya juga mendukung terciptanya pembangunan konektivitas multimoda yang lebih efisien dalam rangka meningkatkan potensi sosial, ekonomi dan daya saing, untuk masa depan yang lebih gemilang,” tutur Trisna. Didukung kekuatan kepemilikan saham utama oleh Kelompok Usaha Pembangunan Jaya, JTD memastikan terselesaikannya jalan tol ini yang merupakan koridor utama baik bagi lalu lintas menerus Timur Barat maupun lalu lintas menerus Utara Selatan di kota Jakarta.

Trisna menjelaskan, ruas Tol Kelapa Gading – Pulo Gebang (9,29 km) yang saat ini akan dioperasikan adalah segmen pertama dari tahap I yaitu Semanan Sunter – Pulo Gebang yang merupakan tahap prioritas karena memberikan tambahan koridor Timur Barat kota Jakarta.Tahap II adalah lingkar terdalam yang terdiri dari ruas Duri Pulo – Kampung Melayu – Kemayoran. Sedangkan tahap III adalah radial Utara Selatan yang meliputi Ulujami -Tanah Abang dan Pasar Minggu – Casablanca.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2688 seconds (0.1#10.140)