TOP CSV Award untuk Perusahaan yang Sukses Jalankan Creating Shared Value

Rabu, 01 September 2021 - 19:30 WIB
loading...
TOP CSV Award untuk Perusahaan yang Sukses Jalankan Creating Shared Value
Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Konsep tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) kini dikembangkan menjadi creating shared values (CSV). Konsep ini diartikan sebagai CSR berkelanjutan dari perusahaan yang tidak hanya fokus pada dampak sosial, tapi juga berdampak bagi perusahaan.

Di Indonesia konsep CSV tersebut diterapkan sebagai keunggulan kompetitif dengan cara memasukkan masalah sosial sebagai bahan dalam merancang strategi perusahaan. Sebab melalui CSV perusahaan memainkan peran ganda untuk menciptakan nilai sosial dan ekonomi secara bersama-sama, untuk memberikan solusi terhadap persoalan sosial, lingkungan dan perusahaan.

Berangkat dari hal tersebut, INFOBRAND.ID, TRAS N CO Indonesia bekerja sama dengan Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Airlangga menghadirkan TOP CSV Award 2021 untuk menilai dan memberikan penghargaan kepada perusahaan yang berhasil menjalankan CSV.

Dr. Gancar Candra Premananto, CDM, Head of Management Department FEB Universitas Airlangga, mengatakan TOP CSV Award 2021 merupakan sebuah penghargaan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan atau brand yang telah berhasil menjalankan program “creating share value”.



Menurutnya, pemberian penghargaan tersebut bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah berhasil menjalankan program CSV untuk membangun keunggulan kompetitif perusahaan di Indonesia. TOP CSV Award juga diharapkan dapat meningkatkan citra, reputasi dan kepercayaan terhadap perusahaan di mata konsumen dan calon konsumen.

"Kami berharap penghargaan ini dapat mendorong brand atau perusahaan di Indonesia untuk semakin meningkatkan program CSV yang akan berdampak positif bagi lingkungan sosial dan perusahaan,” jelas Gancar yang juga sebagai Senior Konsultan & Mentor CSV, dalam keterangan tertulis, Rabu (1/9/2021).

Selanjutnya, untuk menentukan pemenang Top CSV Award 2021, penyelenggara melakukan pengumpulan data melalui desk research dan pendaftaran. Selanjutnya penyelenggara melakukan seleksi awal dan dilanjutkan dengan proses penjurian. Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, menjelaskan penilaian yang digunakan mengacu kepada tiga aspek, yaitu CSV Concept Aspect, CSV Impact Aspect, dan CSV Branding Aspect.

Lebih lanjut Tri menjelaskan, CSV Concept Aspect (bobot 30%), menilai konsep CSV yang diterapkan oleh perusahaan atau brand sebagai keunggulan kompetitif dengan cara memasukkan masalah sosial sebagai bahan merancang strategi perusahaan. CSV Impact Aspect (bobot 50%), menilai dampak positif yang ditimbulkan dari kegiatan CSV baik untuk masyarakat mapun perusahaan. Dan CSV Branding Aspect (bobot 20%), mengukur banyaknya ulasan & pemberitaan terkait kegiatan CSV yang dilakukan oleh perusahaan melalui media digital dan atau dinilai berdasarkan presentasi kegiatan branding program CSV yang dilakukan.

Penjurian dilakukan oleh Tri Raharjo selaku CEO TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia. Dr. Gancar C Premananto, yang juga Senior Consultant & Mentor CSV, dan Drs. Mas Achmad Daniri, MEc (pakar good corporate gevernance (GCG) dan penulis buku "Lead By CSV".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2736 seconds (0.1#10.140)