Alhamdulillah, BI Perluas Layanan QRIS hingga ke Arab Saudi

loading...
Alhamdulillah, BI Perluas Layanan QRIS hingga ke Arab Saudi
Layanan Qris akan diperluas hingga ke Arab Saudi. Foto/SINDOnews/Hasiholan Siahaan
JAKARTA - Dalam sambutannya di Webinar Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2021, Gubernur Bank Indonesia ( BI ) Perry Warjiyo membawa kabar gembira bagi penggemar transaksi digital. Dia menyampaikan bahwa layanan QRIS akan diperluas antar-negara, mulai dari Singapura hingga Arab Saudi .

BI juga sudah bekerja sama dengan Bank of Thailand untuk kerjas ama pembayaran di Thailand.

Baca juga: Arab Saudi Diam-diam Dekati Taliban setelah Jadi Penguasa Afghanistan

"QRIS nanti akan kita perluas dengan Singapura, Arab Saudi, sehingga nanti jemaah umrah bisa menggunakan QRIS untuk berbelanja di sana,"ujar Perry di Jakarta, Jumat (3/9/2021).



Pada tanggal 17 Agustus lalu, BI telah telah merilis Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) dan peluncuran pra resmi QRIS Antarnegara. Di Indonesia, pembayaran dengan QR Code dapat dilakukan melalui QRIS untuk bertransaksi barang dan jasa.

Tidak hanya Thailand, BI juga tengah mempersiapkan perluasan pilot project QRIS ini dengan Bank Negara Malaysia dan Singapura. Tujuannya, agar bisa melakukan uji coba Standar nasional QR code untuk QRIS dengan Malaysia dan Singapura.

Baca juga: Ini Gangguan yang Terjadi di Bumi Akibat Badai Geomagnetik Hari Ini

Pembayaran berbasis QR Code antar negara ini dinilai lebih aman, karena nasabah tidak perlu lagi membawa uang dalam jumlah banyak. Nasabah pun dapat berhemat karena tidak ada lagi biaya dan komisi seperti biaya kurs.

"Setelah dengan Thailand akan dengan Malaysia dan kemudian akan dengan Singapura. Adapun pada 2021 ini, BI menargetkan penggunaan QRIS akan mencapai 12 juta merchant yang didukung berbagai sinergi," pungkasnya.
(uka)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top