Catat! Ini Penjelasan Penting Terkait Teknis Right Issue MNC Bank

Selasa, 07 September 2021 - 15:44 WIB
loading...
Catat! Ini Penjelasan Penting Terkait Teknis Right Issue MNC Bank
MNC Bank akan melakukan right issue untuk menambah ekuitas. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) akan melakukan rights issue untuk menambah ekuitas perseroan. Bertambahnya ekuitas akan memberikan MNC Bank kemudahan atau fleksibilitas MNC bank akan makin besar.

Head of Marketing Online Trading MNC Sekuritas Thomas Darmawan mengatakan, di right issue BABP, investor punya tiga hak yang perlu dicatat.



"Jadi right issue itu punya tiga hak, hak yang pertama adalah hak tebus. Hak yang kedua adalah hak jual, yang ketiga adalah hak untuk tidak melakukan apa-apa terhadap right issue itu, jadi bebas," kata Thomas dalam Instagram Live dengan tema "Rights Issue Saham PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP)” pada Selasa (7/9/2021).

Thomas menjelaskan hak yang pertama untuk ditebus di harga Rp318/saham tinggal dikalikan dengan jumlah lot yang dimiliki maka dapat nominal yang harus kalian siapkan untuk menebusnya di masa tebus 14-27 September 2021.

"Kalau tidak mau tebus, maunya jual, jual right issue itu ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan investor, jual right issue hanya bisa dilakukan di sesi 1, nah kemudian sudah," ujar dia.

Untuk teknisnya, kalau sudah punya aplikasi Motion Trade jika Anda mau tebus itu ada di tombol menu kiri bawah lalu pilih exercise right. Nanti di masa tebus akan muncul di situ pilihan right issue-nya, Anda tinggal klik kalian confirm lalu tinggal ditebus dan masukkan jumlah lot yang akan kalian tebus.

"Untuk jual sama saja kaya jual beli saham, kalian masuk sell order kemudian masukkan harga yang mau dijual kemudian jumlah lot dari right issue yang akan dijual," kata Thomas.

Semudah itu karena aplikasi Motion Trade sudah banyak memberikan kemudahan bagi para investor. "Kalian mau transaksi buy atau sell itu mudah dan gampang banget, harusnya sudah dipermudah ya tebuslah ya, terutama dengan ekosistem yang ditopang MNC Group dan itu sangat penting," pungkasnya.

Perlu diketahui, BABP akan menerbitkan sebanyak 14,23 miliar saham baru atau sebesar 33,33% dari modal, ditempatkan dan disetor penuh perseroan setelah terlaksananya rights issue. Pemilik saham perseroan akan mengalami dilusi kepemilikan saham sebesar 1/3.



Setiap pemegang dua saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham (DPS) perseroan berhak atas satu HMETD. Setiap satu HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham baru yang harus dibayar penuh pada saat mengajukan pemesanan pelaksanaan HMETD.

Indikasi harga satu saham rights issue ada di price range antara Rp280–320 per saham. Dengan saham baru yang diterbitkan perseroan mencapai 14.234.614.925 lembar, total perolehan dana yang akan diperoleh BABP dari rights issue tersebut Rp4-4,5 triliun.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1500 seconds (0.1#10.140)