Mau Jadi Sultan di Usia Muda? Investasi Salah Satu Jalannya

Selasa, 07 September 2021 - 19:19 WIB
loading...
Mau Jadi Sultan di Usia Muda? Investasi Salah Satu Jalannya
Investasi bisa menjadi salah satu cara menjadi orang kaya. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Untuk menjadi sultan atau orang kaya ada banyak cara. Salah satunya lewat investasi . Namun, untuk berivestasi perlu pemahaman yang mendalam supaya tidak terjebak pada euforia semata.

Pemahaman pertama yang perlu didalami adalah investasi itu sendiri: apa itu investasi? Investasi adalah menempatkan dana pada sejumlah instrumen, seperti saham, surat utang, reksadana emas, ataupun barang berharga lainnya. Bisa juga menempatkan modal pada sebuah perusahaan. Tujuan investasi adakah mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang.



Dalam implementasinya, tentu tidak semudah hanya dengan memasukkan dana lalu langsung dapat cuan menjulang. Sering kali banyak pemula terjebak dalam mentality jackpot, yang beranggapan bisa mendapatkan instant return dengan hanya tidur dan bangun lalu dapat pundi-pundi uang.

Pandangan itu dikarenakan tidak semua orang paham cara berinvestasi yang baik. Akibatnya, bukannya untung, tapi malah buntung, alias rugi.

Dilansir dari situs OCBCNISP, pada dasarnya investasi itu mirip seperti menabung, namun bedanya pada investasi tidak boleh pasif. Sebab, ada beberapa tahapan harus diawasi secara berkala.

Jika tidak memahami prinsipnya, maka akan sulit meraup cuan. Oleh karena itu, baik bagi kita mengetahui beberapa tips investasi bagi pemula.

1. Komitmen

Untuk bisa merasakan hasil yang sepadan dari investasi, kesabaran yang tinggi serta komitmen yang kuat adalah modal pertama yang harus dimiliki. Investor pemula harus siap berkomitmen untuk menyisihkan uang secara rutin, komitmen waktu, hingga komitmen menghadapi risiko.

2. Pastikan Punya Cukup Uang
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1775 seconds (0.1#10.140)