Cermati! Pertemuan The Fed dan RDG BI Bakal Jadi Sentimen IHSG Pekan Ini

Senin, 20 September 2021 - 07:07 WIB
loading...
Cermati! Pertemuan The Fed dan RDG BI Bakal Jadi Sentimen IHSG Pekan Ini
Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan bakal mendapat dua sentimen utama terkait pertemuan Federal Reserve (The Fed) dan Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan bakal mendapat dua sentimen utama terkait pertemuan Federal Reserve (The Fed) dan Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) yang diselenggarakan pada pekan ini.

"Untuk minggu depan, sentimen yang bakal mempengaruhi pasar adalah rapat The Fed yang akan menentukan nasib tapering, (dan) dalam negeri ada rapat Dewan Gubernur BI" kata Equity Analyst Indo Premier Sekuritas, Mino kepada MNC Portal, Minggu malam (19/9/2021).



Senada, Equity Analyst NH Korindo Sekuritas Putri Chantika menyebut perhatian investor akan tertuju kepada rapat Federal Open Market Comittee (FOMC) The Fed yang akan digelar pada 21-22 September 2021.

Agenda tersebut diyakini bakal memberi sinyal atas kesiapan ekonomi AS menjelang dimulainya tapering. Sementara dari dalam negeri, RDG BI pada 20-21 September 2021 dimungkinkan menjadi penantian investor dalam mencermati bagaimana BI mengantisipasi dampak tapering.

"Dari domestik, investor akan mencermati langkah yang akan diambil BI untuk mengantisipasi dampak tapering off. Kami juga masih memperkirakan BI akan mempertahankan kebijakan moneter yang akomodatif. Sementara dari global, perhatian investor akan tertuju pada rapat FOMC," tutur Puti kepada MNC Portal, Minggu malam (19/9).

Sementara itu, Pengamat Pasar Modal Asosiasi Analis Efek Indonesia, Reza Priyambada menggarisbawahi isu tapering telah menjadi sentimen IHSG sejak pekan lalu, yang membuat pergerakan indeks relatif sideways.

"Pergerakan selama sepekan kemarin sideways cenderung menguat tipis seiring sentimen bursa saham global terkait sikap The Fed dan sentimen makro," ujarnya kepada MNC Portal, Minggu malam (19/9).

Dia optimis IHSG bakal melaju pada pekan ini, seiring ditutup menguat pada akhir pekan kemarin.

"Terkait dengan pergerakan IHSG di pekan depan, harusnya dengan adanya penguatan di akhir pekan kemarin, memperlihatkan mulai meningkatnya volume beli sehingga berpotensi dapat mengangkat IHSG di pergerakan selanjutnya," tandasnya, Minggu malam (19/9) sembari menambahkan target resisten IHSG berada di 6.187-6.120 dan support di area 6.067-6.085.

Seperti diketahui, pada akhir pekan lalu, IHSG ditutup menguat 23,3 poin (0,38%) di level 6.133,246. Performa sepekan terakhir menunjukkan indeks berada di jalur positif (0,63%) dengan akumulasi net-buy asing mencapai Rp1,68 triliun di pasar reguler.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)