Lapor Pak Erick! Pertamina Siap Kejar Valuasi Rp1.400 Triliun di 2024

Rabu, 29 September 2021 - 12:58 WIB
loading...
Lapor Pak Erick! Pertamina Siap Kejar Valuasi Rp1.400 Triliun di 2024
Pertamina siap mengejar target valuasi sekitar Rp1.400 triliun yang ditargetkan pemerintah. FOTO/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pertamina siap mengejar target valuasi mencapai USD100 miliar atau setara Rp1.400 triliun yang ditargetkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir . Target ini ditetapkan agar pada tahun tersebut, perusahaan minyak raksasa bisa tetap bertengger di Fortune Global 500.

"Dengan design besar kita harapkan visi dan aspirasi pemegang saham terhadap Pertamina untuk meningkatkan value-nya menjadi USD100 billion di 2024 bisa kita wujudkan," kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati seperti dikutip dari pernyataan resminya, Rabu (29/9/2021).



Menurut dia sebagai holding company, Pertamina terus memperkuat peran dalam mengintegrasikan lini bisnis dan operasional di bawah kendali Direktorat L&I. Sehingga target meulai tahap perencanaan, koordinasi sampai pengendalian anak usaha dilaksanakan untuk mencapai target yang ditetapkan pemerintah.

Direktur Logistik & Infrastruktur Pertamina Mulyono menambahkan Direktorat L&I berperan penting dalam mencapai target pemerintah. Guna mendapatkan benefit dan cost yang optimal bagi Pertamina Group, maka diperlukan roadmap pengembangan infrastruktur logistik yang aligned secara end-to-end dari upstream, midstream, dan downstream.

"Hal ini juga harus match dengan kebutuhan demand untuk aktivitas suplai & distribusi serta evaluasi potensi sinergi infrastruktur logistik cross Subholding yang sejalan dengan kebijakan energy mix ke depannya," kata dia.

Pasca restrukturisasi, imbuh Mulyono, Direktorat L&I harus mampu menjalankan peran sebagai integrator operasional untuk memastikan seluruh lini bisnis terintegrasi dari hulu hingga hilir, sehingga operasional lebih efektif dan efisien.

Mulyono menambahkan, sebagai integrator operasional, seluruh penugasan dari pemerintah seperti pendistribusian bahan bakar Jenis BBM Tertentu (JBT) dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP), distribusi LPG 3 kg kepada masyarakat, penyaluran BBM 1 Harga, pembangunan infrastruktur BBM/LPG di Indonesia, harus dipastikan berjalan dengan baik. Untuk mendukung pelaksanaan penugasan Pemerintah, Pertamina terus melanjutkan pembangunan infrastruktur hilir dan pada Juli 2021 telah berhasil menambah kapasitas tangki BBM sebesar 251,2 ribu Kiloliter

Dengan tugas tersebut, tambah Mulyono, Direktorat L&I juga akan memastikan keandalan seluruh infrastruktur dan jaringan distribusi yang dimiliki Pertamina Group sehingga bisa berjalan sinergis sesuai dengan target perseroan. Operasional yang terintegrasi juga akan melahirkan efisiensi bagi perusahaan.

Keseimbangan antara layanan masyarakat dan optimasi target keuntungan untuk Pertamina harus terpenuhi, dengan cara menekan biaya, sinergi, dan optimasi di semua subholding. Dari upaya melakukan efisiensi dari integrasi logistik, Pertamina mampu menurunkan inventory cost hampir sebesar 40% dari USD 5,2 Miliar menjadi USD 3,1 Miliar dan volume inventory dari 80 juta barel menjadi 48 juta barel per Semester 1 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)