Tantangan Digitalisasi Jadi Peluang untuk Berinovasi

Kamis, 30 September 2021 - 00:44 WIB
loading...
Tantangan Digitalisasi Jadi Peluang untuk Berinovasi
Digitalisasi jadi strategi sukses perusahaan di tengah pandemi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pandemi dan era digitalisasi menjadi tantangan yang harus dihadapi BUMN , BUMD, dan anak usahanya. Di sisi lain, ketiga jenis perusahaan itu juga diharapkan bisa memberikan peran yang besar dalam mewujudkan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Tantangan digitalisasi sebenarnya adalah sebuah peluang yang bisa digunakan untuk berinovasi, terutama dalam hal pemanfaatan teknologi informasi,” kata Arief Munajad, pemimpin SuaraPemerintah.ID saat menggelar acara Top Digital Corporate Brand Award 2021 bersama TRAS N CO Indonesia, Rabu (29/9/2021).



Arief menambahkan, sebagian besar BUMN, BUMD, dan anak usaha BUMN terlihat sudah aware terhadap adaptasi teknologi informasi. Tidak sedikit dari mereka yang telah memanfaatkan fasilitas media digital, baik dalam hal pelayanan maupun aktivitas promosi dan branding.

Pengunaan media digital tersebut ternyata mampu memberikan kontribusi nyata terhadap perkembangan perusahaan. Makanya, Top Digital Corporate Brand Award 2021 digelar untuk mengapresiasi keberhasilan itu.

Sementara itu, CEO TRAS N CO Indonesia Tri Raharjo mengungkapkan barometer kesuksesan BUMN, BUMD, dan anak usaha BUMN adalah dengan cara meningkatkan aktivitas corporate brand di ranah digital atau media online.

Disrupsi ekonomi akibat perkembangan teknologi digital dan pergeseran lanskap bisnis dari offline ke online sedang terjadi. Adanya pandemi, disrupsi dan pergeseran tersebut semakin nyata.

“Bagi perusahaan yang belum memanfaatkan teknologi digital dalam aktivitas bisnisnya akan semakin tertinggal, karena aktvitas pasar saat ini semakin banyak terjadi di ranah digital (online),” ujar Tri.

TRAS N CO Indonesia telah merekam beragam digital actitvities corporate brand di dunia digital. Riset dilakukan menggunakan tiga parameter penilaian, yakni search engine aspect, social media aspect, dan website aspect. Melalui tiga parameter tersebut, pada riset tahun ini mengkhususkan penilaian terhadap corporate brand dari BUMN, BUMD, dan anak usaha BUMN di seluruh Indonesia.

Riset dilakukan pada Mei-Agustus 2021 kepada 114 BUMN, 690 BUMD, dan sekitar 400 anak usaha BUMN di seluruh Indonesia. Selanjutnya berdasarkan index riset digital tersebut, TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan SuaraPemerintah.ID memberikan penghargaan kepada perusahaan BUMN, BUMD dan anak usaha BUMN melalui Top Digital Corporate Brand Award 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2960 seconds (0.1#10.140)