Kejayaan Indonesia Ada di Laut, SDM Unggul Sektor Pelayaran Disiapkan

Kamis, 30 September 2021 - 19:33 WIB
loading...
Kejayaan Indonesia Ada di Laut, SDM Unggul Sektor Pelayaran Disiapkan
Demi meningkatkan kemampuan dan pengetahuan taruna pelayaran, Kemenhub dan Poltekpel Banten terus menyelenggarakan event dengan menghadirkan narasumber berpengalaman. Foto/Dok
A A A
TANGERANG - Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Perhubungan (BPSDM) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten. Demi meningkatkan kemampuan dan pengetahuan taruna pelayaran , mereka terus menyelenggarakan event dengan menghadirkan narasumber berpengalaman.

Terbaru, mereka melaksanakan talkshow bertajuk To Be A Great Leader, Let’s Be A Multi Talented Seafarer. Agenda yang dilaksanakan pada Rabu (29/9) itu berlangsung secara dalam jaringan (daring). Total ada tiga narasumber yang mengisi materi. Yakni Consultant PT Selago Makmur Plantation Capt. A. Nasdion Agoes, Offshore Installation Manager Urip Marine Terminal (EMCL) Singgih Sugiharto, dan Manager Marine Operation PT Pertamina Capt. Timbul Arifin.

Direktur Poltekpel Banten, Heru Widada yang turut hadir dalam kesempatan tersebut menyatakan bahwa kehadiran narasumber yang ahli dan berpengalaman diyakini akan memberi banyak manfaat. Utamanya bagi para taruna pelayaran yang dipersiapkan untuk menjadi perwira pelayaran andal.

Baca Juga: 90 Nelayan Banten Dilatih Keselamatan Pelayaran di Laut

Menurut dia, talkshow yang diselenggarakan oleh BPSDM Kemenhub itu sangat penting. Sebab, matra laut telah menjadi prioritas pembangunan. ”Bahkan kejayaan Indonesia ke depan ada di laut,” imbuhnya.

Apalagi, pemerintah juga sudah mengeluarkan kebijakan strategis bernama tol laut. Untuk itu, Heru Widada sepakat, perlu ada upaya yang luar biasa untuk menyiapkan SDM pelaut yang unggul dan profesional. Poltekpel Banten sebagai salah satu institusi pendidikan di bawah BPSDM Kemenhub, lanjut dia, punya peran besar untuk menyiapkan perwira pelayaran yang dibutuhkan untuk mengisi pos-pos penting di dunia pelayaran.

Untuk itu, pihaknya bersama BPSDM Kemenhub tidak henti mengupayakan agar para taruna dan taruni di Poltekpel Banten mendapat pendidikan terbaik. ”Diharapkan UPT di bawah BPSDM Perhubungan termasuk Poltekpel Banten dapat mendidik dan menyiapkan taruna dan taruni menjadi SDM transportasi yang profesional kerjanya, kuat fisik mentalnya, serta berkarakter baik,” ungkap dia.

Baca Juga: 258 Perwira Remaja Transportasi Politeknik Pelayaran Dilantik secara Langsung

Agar hal itu dapat terwujud, Poltekpel Banten tidak membatasi taruna dan taruni mereka untuk terus mengembangkan bakat. Lebih dari itu, Heru Widada sebagai Direktur Poltekpel Banten meminta seluruh taruna dan taruni terus mengasah kemampuan masing-masing. Tentu sesuai dengan minat dan bidang mereka.

”Dengan terus belajar dan berusaha dengan sungguh-sungguh. Meskipun kita saat ini berada di industri maritim pelayaran tidak menutup kemungkinan kita bisa berhasil dan sukses di bidang lain dan menjadi sultan yang bermanfaat bagi bangsa dan negara,” pesannya.
(akr)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2387 seconds (10.177#12.26)