Gelar SMEXPO 2021, Pertamina Persiapkan UMKM Hadapi Masa Depan

Selasa, 05 Oktober 2021 - 00:09 WIB
loading...
Gelar SMEXPO 2021, Pertamina Persiapkan UMKM Hadapi Masa Depan
UMKM harus siap menghadapi tantangan masa depan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) berkomitmen mendukung terus Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) yang diinisiasi oleh Pemerintah Indonesia. Komitmen tersebut diwujudkan dalam bentuk peluncuran Pertamina SMEXPO yang akan diluncurkan tanggal 12 Oktober 2021.

Pjs. Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman mengatakan, Pertamina SMEXPO pertama kali diadakan pada tahun 2020 sebagai inovasi Pertamina untuk memperluas pasar UMKM melalui pameran virtual dan marketplace UMKM, terutama Mitra Binaan Indonesia.



"Kini, Pertamina kembali menggelar SMEXPO 2021 yang menghadirkan ratusan UMKM dari seluruh Nusantara dengan ribuan produk-produk unggulan yang menarik dan berkualitas," ujarnya dalam siaran pers, Senin (4/10/2021).

Menurut Fajriyah, sama seperti pelaksanaan tahun lalu, UMKM yang mengikuti Pertamina SMEXPO akan dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu fashion, craft, agrobusiness, furniture, hingga makanan dan minuman khas Nusantara. "Tetapi tahun ini kita memiliki fitur tambahan, yaitu produk grosir. Dengan demikian, pengunjung dapat membeli produk-produk UMKM dengan harga grosir," ungkapnya.

Tidak hanya menyediakan tempat belanja di marketplace, Pertamina SMEXPO juga memberikan fungsi lebih bagi UMKM yang mengikutinya. Menurut Fajriyah, Pertamina SMEXPO memiliki program khusus bagi UMKM berupa Business Matching dan Coaching Session agar UMKM dapat lebih siap menghadapi tantangan di masa depan dan dapat memperluas pasar mereka.

Sementara itu dari sisi hiburan, pengunjung juga dapat menikmati berbagai hiburan yang dikemas dalam program SMEXPO Live Show yang akan menampilkan artis-artis ternama Ibu Kota seperti Kunto Aji, Novia Bachmid, dan Endank Soekamti.



Pertamina juga mempersiapkan SMEXPO Showcase yang diadakan secara hybrid di sebuah mal di Kota Jakarta dari tanggal 15 - 17 Oktober 2021. Aktivasi dan hiburan akan ditampilkan pada SMEXPO Showcase dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan tetap mencegah terjadinya kerumunan. Pertamina juga menyelenggarakan SMEXPO secara virtual melalui kanal YouTube Pertamina atau website https://smexpo.pertamina.com/.

Pertamina SMEXPO 2021 merupakan wujud konsistensi Pertamina dalam menggalakan dan mendukung pertumbuhan ekonomi sesuai dengan pencapaian SDG (sustainable development goal) point 8 dan implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1252 seconds (0.1#10.140)