Cuaca buruk, petani buah naga gagal panen

Minggu, 22 Januari 2012 - 09:10 WIB
Cuaca buruk, petani buah naga gagal panen
Cuaca buruk, petani buah naga gagal panen
A A A
Sindonews.com - Imlek yang biasanya identik dengan buah naga, namun bagi petani buah naga nampaknya tak akan merasakan manisnya keuntungan penjualan buah naga ini. Hal ini akibat panen buah naga gagal akibat cuaca buruk.

Petani buah naga di Demak, Jawa Tengah, contohnya kehilangan berkah imlek karena tingginya curah hujan, membuat bunga buah naga rontok dan membusuk.

Sehari menjelang perayaan imlek, kebun buah naga milik Junadi warga keluarahan kalicilik kecamatan kota Demak masih belum bisa dipanen. Hampir seluruh buahnya masih kuncup dan berwarna hijau.

"Bunga yang masih kuncup tersebut belum pasti dapat dipanen sebulan ke depan, karena cuaca buruk dapat merontokkannya sewaktu-waktu. Selain rontok, tingginya curah hujan juga mengakibatkan bunga buah naga membusuk meski masih menempel di batang tanamannnya," ungkap Junadi.

Meski pesanan buah naga meningkat sejak sebulan lalu, namun hingga kini ia tidak dapat memenuhi permintaan tersebut. Padahal pesanan buah naga untuk merayakan tahun baru imlek saat ini, harganya jauh diatas daripada hari-hari biasanya. Bila biasanya ia menjual buah naga merah seharga 15 ribu rupiah per buah, kini ada yang berani menawar hingga 45 ribu rupiah per buah.

Junadi menambahkan, meski curah hujan tinggi setiap kali menjelang imlek, namun pada tahun lalu ia dapat memanen buah naga. Saat itu ia dapat memanen ratusan buah naga dari kebunnya dan meraup untung hingga belasan juta rupiah. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7782 seconds (0.1#10.140)