Tertarik Investasi di Reksa Dana? Kenali Dulu Jenis-jenisnya

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 23:00 WIB
loading...
Tertarik Investasi di Reksa Dana? Kenali Dulu Jenis-jenisnya
Reksa dana bisa menjadi sarana investasi yang pas buat investor pemula. Foto/ilustrasi
A A A
JAKARTA - Di tengah pandemi, selain suplemen makanan yang bisa memperkuat imunitas, tentunya kita juga harus sehat secara finansial. Salah satu caranya, yakni dengan berinvestasi.

Sebelum memutuskan untuk investasi perlu ada pertimbangan instrumen apa yang tepat. Reksa dana menjadi salah satu produk investasi yang populer karena menguntungkan dan tingkat profitabilitasnya pasti serta minim risiko.

Head of Marketing Online Trading MNC Sekuritas Thomas Hadibowo mengungkapkan, terdapat tiga pihak penting yang memiliki tugas berbeda dalam reksa dana.



"Pihak tersebut adalah pemodal yang berinvestasi, manajer investasi yang bertugas untuk mengatur investasi, serta instrumen investasi itu sendiri," kata Thomas dikutip Jumat (10/8/2021).

Reksa dana adalah salah satu jenis investasi dengan modal rendah. Cocok bagi pemula yang memerlukan booster suplemen bagi kesehatan finansial mereka.

"Tentu saja, jenis investasi reksa dana dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan profil risiko Anda,” jelas Thomas.

Investasi reksa dana adalah sekumpulan dana berasal dari masyarakat yang dikelola oleh manajer investasi pada instrumen investasi lain, seperti pasar saham, obligasi, dan lainnya. Apabila mendapatkan keuntungan, dananya akan dibagi sesuai dengan jumlah reksa dana yang dibeli.

"Sebenarnya reksa dana adalah salah satu jenis investasi yang diperuntukkan tak hanya bagi investor senior, tetapi juga pemula. Mengapa demikian? Sebab setoran awal reksa dana relatif terjangkau dibandingkan dengan aktivitas penanaman modal lainnya," kata tim OCBC NISP menambahkan.

Ada beberapa jenis reksa dana yang bisa dipilih oleh investor, yaitu:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0945 seconds (0.1#10.140)