Festival Kreatif Lokal Kemenparekraf Dukung Pelaku UKM di Mandalika

Minggu, 17 Oktober 2021 - 21:34 WIB
loading...
Festival Kreatif Lokal Kemenparekraf Dukung Pelaku UKM di Mandalika
Kemenparekraf berkolaborasi menyelenaggarakan Festival Kreatif Lokal 2021 di Destinasi Super Prioritas Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus berkolaborasi membangkitkan sektor ekonomi kreatif . Sinergi tersebut diwujudkan dengan menyelenggarakan Festival Kreatif Lokal 2021 di Destinasi Super Prioritas Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Adira Finance.

Program kolaborasi menggaet 56 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Mandalika untuk menciptakan produk berskala nasional yang dapat bersaing secara internasional.

"Kami meyakini pelaku UKM peserta Festival Kreatif Lokal 2021 akan menjadi local heroes yang turut berperan menumbuhkan geliat positif aktivitas ekonomi kreatif di Mandalika, dan pada akhirnya bermuara pada peningkatan perekonomian setempat," kata Head of Regional SSD Bali & Nusa Tenggara Surya Almada Syahlani melalui pernyataan resmi, Minggu (17/10/2021).



Surya menilai penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2021 di Mandalika akan membawa para UKM lebih matang dalam menyiapkan produk yang memiliki daya tarik dengan kualitas prima, sehingga mendapatkan nilai jual lebih tinggi.

Terutama dengan adanya pembangunan sirkuit Mandalika yang turut membantu destinasi super prioritas ini menjadi pusat perhatian dunia, di samping Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang terus mempromosikan kawasan tersebut sebagai salah satu primadona tujuan wisata di Indonesia dengan kekayaan alam dan kearifan budaya lokal. Pembangunan kawasan ekonomi ini akan menjadi peluang istimewa bagi para UKM untuk menunjukkan diri, sehingga dapat menjadikan Mandalika juga dikenal akan keunikan produk ekonomi kreatifnya.

Pendapat yang sama juga dilontarkan Founder e-Camp sekaligus mentor Festival Kreatif Lokal 2021 Kukuh Indra Prasena. Dia berharap peserta Festival Kreatif Lokal 2021 di Destinasi Super Prioritas Mandalika mampu mengoptimalkan potensi bisnis dari peluang perhelatan balapan internasional.

"Kegiatan selama Festival Kreatif Lokal 2021 merupakan bagian dari rangkaian pelaku UKM untuk menghasilkan terobosan yang inovatif dan nyata sebagai jawaban tuntutan pasar. Melalui Festival Kreatif Lokal 2021, pelaku UKM mendapatkan materi yang relevan sehingga produk dan jasanya dapat memiliki nilai ekonomi dan kompetitif di pasaran," kata dia.

Dari 56 pelaku UKM di Mandalika yang berasal dari kategori usaha Fesyen, Kuliner, dan Kriya, berdasarkan proses pelatihan dan penjurian awal, terpilih delapan UKM local hero yang akan mewakili Mandalika ke babak final Festival Kreatif Lokal.



Sebanyak 9 UKM local hero ini akan menjalani coaching camp menggunakan metode yang dapat langsung diterapkan para UKM untuk menumbuhkan usaha kreatif mereka. UKM local hero terbaik pilihan juri berhak mendapatkan penghargaan yang akan diserahkan saat acara Gebyar Adira Kreasi pada 13 November 2021, bertepatan dengan perayaan HUT ke-31 Adira Finance di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Sebagai tambahan motivasi, UKM terbaik juga akan mendapatkan hadiah senilai total ratusan juta rupiah berupa tambahan modal usaha, dan eksposur di berbagai media nasional, baik cetak maupun online Demi menyukseskan Festival Kreatif Lokal 2021, Adira Finance menggandeng beberapa pihak untuk mendukung penyelenggaraannya, baik dari pemerintah maupun swasta, seperti MUFG, Zurich, Adira Finance Syariah, serta Baba Rafi Enterprise dan Prasetiya Mulya Executive Learning Institute (ELI).

Melalui Festival Kreatif Lokal 2021, Adira Finance mewujudkan dukungan terhadap kampanye nasional #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan sejalan dengan komitmen perusahaan untuk memberikan kontribusi terbaik kepada sektor pariwisatan dan ekonomi kreatif.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1732 seconds (0.1#10.140)