Produk UMKM Tembus 3 Benua, Kemasan Produk Dilengkapi Peruri Code

Rabu, 27 Oktober 2021 - 23:15 WIB
loading...
Produk UMKM Tembus 3 Benua, Kemasan Produk Dilengkapi Peruri Code
Peruri mencoba peluang pasar luar negeri untuk memasarkan produk UMKM binaannya. Sejumlah negara potensial dibidik menjadi sasaran pemasaran seperti Australia, Kanada, dan Eropa. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Peruri mencoba peluang pasar luar negeri untuk memasarkan produk UMKM binaannya. Sejumlah negara potensial dibidik menjadi sasaran pemasaran seperti Australia, Kanada, dan Eropa.

Seremonial pelepasan produk mitra binaan dilakukan di Ruang Pancasatya Kantor Pusat Peruri Jakarta, Rabu (27/10/2021). Dalam pemasaran produk berupa sepatu ke tiga benua tersebut, Peruri menggandeng VTP Logistic untuk pengiriman, smartcity.storage sebagai pengelola warehousing, serta Indonesia In Your Hand (IIYH) untuk kerja sama dengan marketplace di luar negeri.



Seluruh kemasan produk yang akan dipasarkan di luar negeri akan menggunakan Peruri Code. QR Code ini dapat ditelusuri dan memiliki informasi publik dan privat di dalamnya. Dengan menggunakan Peruri Code, seluruh barang atau produk dapat dimonitor 24 jam secara real time.

Direktur Pengembangan Usaha Peruri, Fajar Rizki mengatakan, penggunaan Peruri Code pada produk yang dikirim melalui Indonesia In Your Hand sangat bermanfaat bagi pembeli di luar negeri, karena semua pihak dapat mengetahui orisinalitas produk Indonesia yang dibeli.

Implementasi Peruri Code pada kemasan barang yang dikirim oleh VTP Logistic juga banyak membantu pihak-pihak terkait, terutama dalam hal track and trace.

"Hal ini merupakan bentuk konkret dukungan Peruri dalam memajukan UMKM di Indonesia, sehingga bisa naik kelas ke level internasional," kata Fajar Rizki dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/10/2021).

Direktur Utama VTP Logistic, Adi Nugroho mengatakan menyambut baik kerja sama antara BUMN dan swasta dalam pemasaran produk dalam negeri. "Kami mendukung UMKM untuk dapat Go International, sehingga produk UMKM binaan Peruri dapat diterima oleh pasar di Australia, Eropa, dan Kanada," katanya.



CEO & Founder Indonesia In Your Hand, Amiranto Adi Wibowo mengatakan, pihaknya mewajibkan penggunaan Peruri Code bagi industri dan UMKM yang hendak mengirimkan produknya melalui Smartcity.Storage dan Indonesia In Your Hand.

"Ini untuk menjamin keaslian produk Indonesia agar tidak terjadi komplain dan juga menaikan nilai jual di marketplace yang berada di negara terkait," katanya.

Ke depan, Peruri, VTP Logistic, dan Indonesia In Your Hand berencana menggunakan e-meterai dan digital signature Peruri (Peruri Sign) sebagai bagian dari digitalisasi UMKM yang ditetapkan oleh pemerintah. Sehingga semua data dapat terintegrasi.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5080 seconds (0.1#10.140)