Erick Thohir Angkat Purnawirawan Polri Jadi Komisaris MIND ID

Minggu, 31 Oktober 2021 - 15:00 WIB
loading...
Erick Thohir Angkat Purnawirawan Polri Jadi Komisaris MIND ID
Guna mengakselerasi holding BUMN pertambangan, Erick Thohir angkat punawirawan Polri jadi komisaris MIND ID. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Usai mengangkat Jenderal TNI (Purn) Doni Monardo sebagai komisaris utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) atau MIND ID , Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk purnawirawan Polri menjadi komisaris di holding BUMN pertambangan tersebut.

Melalui rapat umum pemegang saham (RUPS) MIND ID pada Jumat kemarin (29/10/2021), pemegang saham menetapkan purnawirawan Inspektur Jenderal Polisi Martuani Sormin Siregar sebagai komisaris perseroan.



Dalam RUPS tersebut, pemegang saham juga mengangkat Hendi Prio Santoso sebagai Direktur Utama MIND ID. Hendi menggantikan Orias Petrus Moedak yang sebelumnya menduduki posisi tersebut.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, mengatakan pergantian dewan direksi dan komisaris MIND ID merupakan bagian dari akselerasi transformasi industri pertambangan yang berkelanjutan (sustainable).



"Dan environmental friendly practices dengan mengoptimasi program digitalisasi dan automasi mekanisasi smart mining 5.0," ujar Arya dikutip Minggu (31/10/2021).

Selain itu, pergantian juga untuk mendorong pengembangan hilirisasi industri tambang menuju integrasi metal dan mineral secara keseluruhan di industri hulu (upstream). Tujuannya, memaksimalkan nilai yang bisa diperoleh sehingga mampu memperkuat industri pertambangan dalam negeri.

"Comprehensive upstream dan downstream processing untuk memaksimalkan value dan nilai yang bisa diperoleh di dalam negeri sehingga terbangun industri dalam negeri yang kuat," katanya.



Alasan lain adalah MIND ID harus menjadi motor penggerak dan inisiatif pengembangan industri electric mobility nasional yang bertujuan untuk mengurangi defisit negara akibat net import energi hingga pengurangan emisi karbon di sektor transportasi darat.

"Juga untuk mengakselerasi terciptanya ekosistem yang terintegrasi di sektor electric mobility dengan membuka peluang investasi dan kerja sama dengan player electric mobility global," ungkap Arya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1454 seconds (0.1#10.140)