HUT Makassar, Gojek-Dispar Kolaborasi Dorong Hadirnya Lorong Wisata

Selasa, 09 November 2021 - 14:58 WIB
loading...
HUT Makassar, Gojek-Dispar Kolaborasi Dorong Hadirnya Lorong Wisata
Pelatihan kewirausahaan kepada ibu rumah tangga di Lorong Wisata Bambapuang, Kota Makassar. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Gojek dan Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pariwisata berkolaborasi menghadirkan wisata kuliner Lorong Wisata. Gagasan itu dihadirkan dalam rangka perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-414 Kota Makassar.

Program ini sekaligus upaya mendorong UMKM untuk berdaya saing melalui digitalisasi dan pelatihan kewirausahan. Ada 38 ibu rumah tangga di Lorong Wisata Bambapuang yang menjadi peserta pelatihan kewirausahaan.

Baca Juga: Gojek
District Head Gojek Makassar, Adwin Pratama Anas menyampaikan, Lorong Bambapuang ini menjadi rumah bagi para UMKM kuliner khas Makassar. Termasuk kuliner tersohor Kota Makassar, Bakso Iyang Bambapuang atau yang dikenal juga sebagai Bakso Lorong juga merupakan salah satu Mitra Usaha Gojek yang menjadi andalan di GoFood.

"Kami melihat Lorong Bambapuang dapat menjadi daya tarik wisata kuliner bagi warga Makassar dan wisatawan. Hal inilah yang mendorong Gojek untuk memilih lorong ini menjadi Lorong Wisata," ungkap Adwin.

Selain memberikan pelatihan kewirausahaan UMKM, upaya Gojek untuk mendorong wisata kuliner Lorong Wisata adalah menghadirkan nilai estetika secara fisik di lorong ini melalui renovasi, menampilkan mural, dan instalasi yang instagramable.

"Upaya digitalisasi yang dilakukan bagi UMKM milik warga lorong ini adalah memberikan perluasan pasar di GoFood dan pembayaran non tunai lewat GoPay yang diharapkan dapat meminimalisir penyebaran virus serta memperluas penetrasi inklusi keuangan," tambah Adwin.

Baca Juga: Gojek
"Kami yakin bahwa bersama Gojek #PastiAdaJalan untuk kita #BangkitBersama di masa pandemi yang masih berlangsung, dan roda perekonomian Kota Makassar dapat terus berjalan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat," jelas Adwin.

Sebagai ekosistem karya anak bangsa yang berpihak pada UMKM lokal, lewat gerakan #BangkitBersama, Gojek berkomitmen menghadirkan berbagai inisiatif untuk membantu UMKM beradaptasi dan tumbuh di tengah pandemi, mendorong daya beli konsumen pada produk lokal, hingga membantu mitra driver tetap produktif, sehat, dan aman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)