Sandiaga: Investasi di DSP Danau Toba Ciptakan Peluang Usaha dan Lapangan Kerja

Rabu, 10 November 2021 - 16:07 WIB
loading...
Sandiaga: Investasi di DSP Danau Toba Ciptakan Peluang Usaha dan Lapangan Kerja
Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Sigapiton, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Rabu (10/11/2021). Foto/Ist
A A A
TOBA - Guna mempercepat pengembangan destinasi super prioritas (DSP) Danau Toba , Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membuka kesempatan investasi seluas-luasnya. Sandiaga meyakini, melalui kerja sama berbasis pemerintah-swasta, DSP Danau Toba akan menggerakkan ekonomi, menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat.

Optimisme tersebut disampaikan Sandiaga Uno ketika mengunjungi Desa Sigapiton, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada Rabu (10/11/2021). Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga melihat adanya perubahan signifikan dari Kaldera Toba.



Kawasan yang semula tidak terawat dengan banyaknya sampah kini terlihat indah mengagumkan. "Ini luar biasa, kerja keras dari teman-teman Desa Sigapiton yang melihat sampah banyak sekali, tapi akhirnya melakukan kegiatan ekonomi kreatif, yaitu mengolah sampah dan mengelola sumber air," ungkap Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya.

Lewat kolaborasi dengan seluruh pihak, Sandiaga berharap pengalaman yang dirasakannya juga bisa dinikmati oleh para wisatawan. Para wisatawan dapat berwisata dengan penuh kualitas, menghargai kebesaran Tuhan yang maha kuasa atas keindahan alam, tapi juga senantiasa menjaga lingkungan.

"Saya ucapkan terima kasih, mudah-mudahan ini bisa membangkitkan pariwisata, memulihkan ekonomi dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat di kawasan Danau Toba," ujarnya.

Persamaan visi, imbuhnya, juga disampaikannya lewat kabar baik yang disampaikan Kepala Desa Sigapiton atas rencana pembangunan kereta gantung. Masyarakat, kata Sandiaga, sangat mendukung pembangunan kereta gantung yang diharapkan mampu menjadi ikon baru DSP Danau Toba.

Karena itu, Sandiaga berjanji akan mempercepat proses tender pembangunan kereta gantung tersebut. Diharapkan, kereta gantung di kawasan DSP Danau Toba itu sudah dapat beroperasi dalam waktu 18-24 bulan mendatang.

"Kereta gantung ini akan menambah atraksi di Danau Toba, selain itu sebagai bagian daripada transportasi yang ramah lingkungan karena menggunakan energi baru dan terbarukan," ungkap Sandiaga Uno

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga membeberkan sejumlah investor yang siap berinvestasi di DSP Danau Toba. Di antaranya adalah Ram Punjabi, produser film yang akan mengambil latar belakang Danau Toba dalam setiap film yang besutannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1915 seconds (0.1#10.140)