Puji Simulasi Pengamanan Sirkuit Mandalika, Menhub Yakin Keamanan dan Prokes Terjaga

Rabu, 10 November 2021 - 23:11 WIB
loading...
Puji Simulasi Pengamanan Sirkuit Mandalika, Menhub Yakin Keamanan dan Prokes Terjaga
Menhub Budi Karya Sumadi bersama Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal menghadiri acara simulasi skenario pengamanan Sirkuit Mandalika.
A A A
MATARAM - Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Korem Wira Bhakti menggelar simulasi pengamanan pelaksanaan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK) 2021 di Pertamina Mandalika Street Circuit di Mandalika , Lombok, Rabu (10/11/2021).

Pada acara simulasi tersebut, hadir Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal, dan Danrem Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani. Dalam simulasi, anggota TNI-Polri menunjukkan skenario pengamanan sirkuit apabila terjadi kerusuhan atau bencana alam. Termasuk langkah-langkah pengamanan dalam melaksanakan agenda balap internasional. Melihat simulasi yang dilaksanakan TNI-Polri itu, Budi yakin NTB telah siap melaksanakan agenda balap internasional itu.

"Satu kata, luar biasa. Saya melihat kekompakan TNI-Polri dengan Pemda itu sangat mengharukan. Kita punya gawai internasional pada 19 November. Kami harus kawal dengan baik, cermati dengan detail, karena segala kemungkinan bisa terjadi," kata Budi.



Dia juga mengapresiasi Forkopimda yang mengerahkan ribuan personel dan berbagai kendaraan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya teror atau bencana yang akan terjadi. Hal itu menunjukkan bahwa negara memiliki satu kemampuan peringatan yang tinggi. Dan semua personel yang diturunkan juga terlatih dengan skema sistematis dan koordinatif.

"Nanti saya sebagai Menhub bagaimana dukungan dan persiapan-persiapan dari pemerintah pusat untuk kegiatan yang akan dilaksanakan di Mandalika sebagai tujuan wisata," ungkapnya.

Budi memastikan pihaknya akan memfasilitasi bus gratis yang menghubungkan di beberapa titik ke Mandalika dan keliling Mandalika. Dia juga menyatakan akan menyediakan kapal cepat dari Bali dan Sumbawa. "Sekali lagi, Pak Gubernur, Kapolda, Danrem, Polairud, apresiasi tinggi dari kami semua," jelas dia.

Sementara itu, Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal mengatakan pihaknya telah mempersiapkan dengan matang perhelatan lomba balap itu. Iqbal bahkan sudah merencanakan skenario sekaligus menerapkan strategi pengamanan di arena sirkuit sejak dua bulan yang lalu. "Kemarin, alhamdulilah kami sudah melakukan tactical floor game pamungkas. Dan kami yakin dan insyaallah kami percaya diri untuk melakukan pengamanan," kata Iqbal.

Baca Juga: Safety Car Korea buat WSBK di Sirkuit Mandalika Datang, Cermati Kekuatannya!

Mantan Kadiv Humas Polri itu menyatakan pihaknya melibatkan 3 ribu personel gabungan, khusus pengamanan lomba balap internasional itu. Dia memastikan pengamanan sudah dilakukan secara mendetail, termasuk dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Menurut Iqbal, ratusan bus gratis juga disiapkan untuk menjemput para penonton sehingga pengaturan prokes bisa dikontrol dengan baik.

Mantan Wakapolda Jawa Timur itu menekankan segala persiapan itu untuk menghindari gangguan keamanan dan penyebaran Covid-19. "Tolong doakan kami semua, kami tahu bahwa ikhtiar-ikhtiar tanpa doa tidak akan lengkap," tandas Iqbal.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)