Dorong Kendaraan Listrik, Kemenhub Rancang Skema Sewa Baterai

Jum'at, 12 November 2021 - 08:34 WIB
loading...
Dorong Kendaraan Listrik, Kemenhub Rancang Skema Sewa Baterai
Skema sewa atau tukar baterai akan didorong oleh Kemenhub. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ) turut mendorong langkah mengurangi emisi karbon di Indonesia. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, saat ini pemerintah telah mendorong skema pembelian kendaraan listrik tanpa baterai.



“Sekarang yang sedang kita dorong adalah skema pembelian kendaraan bermotor tanpa baterai, yaitu dengan konsep tukar baterai atau swap baterai,” kata Budi Setiyadi di sela pameran GIIAS 2021 di ICE BSD, Tangerang, Banten, pada Kamis (11/11/2021).

Saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang bergelut di bidang tersebut, di antaranya PT Oyika Powered Solution dan PT Swap Energi Indonesia.

“Nantinya pengguna dapat menuju ke mini market terdekat yang menyediakan swap baterai, kemudian menukar baterai yang kosong dengan baterai yang telah terisi penuh,” urainya.

Selain itu, pemerintah juga mendorong masyarakat untuk mengkonversi kendaraan BBM ke kendaraan listrik. “Jadi pembelian sepeda motor listrik bisa lebih murah karena tanpa baterai, dan mereka cukup bayar sewa saja,” tambahnya.

Langkah ini dapat menjadi salah satu cara untuk mempercepat program elektrifikasi kendaraan bermotor nasional. “Peraturannya sudah ada," kata Dirjen Budi.

Regulasi tersebut tercantum dalam Permenhub No. 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.



“Kami juga telah beberapa kali rapat dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) baterai untuk sepeda motor listrik itu dimensinya sama. Saat ini masih dalam proses, nantinya akan memudahkan masyarakat pengguna motor listrik,” pungkasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)