Hari Bangunan Indonesia Jadi Pengingat Insan Konstruksi Terus Eksis

Rabu, 17 November 2021 - 20:51 WIB
loading...
Hari Bangunan Indonesia Jadi Pengingat Insan Konstruksi Terus Eksis
Hari Bangunan Indonesia adalah hari yang menjadi pengingat bagi insan konstruksi untuk terus berkontribusi bagi pembangunan di Indonesia. Dimulai dari pelajar dan mahasiswa hingga ke professional dapat berperan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Hari Bangunan Indonesia adalah hari yang menjadi pengingat bagi insan konstruksi untuk terus berkontribusi bagi pembangunan di Indonesia . Dimulai dari pelajar dan mahasiswa hingga ke professional dapat berperan di dalamnya.

Hari Bangunan Indonesia yang diperingati setiap tanggal 11 November dirayakan dengan berbagai kegiatan positif oleh insan konstruksi Indonesia, termasuk mahasiswa Sipil dan Arsitektur.

Ratusan mahasiswa dan dosen berbagai kampus dari timur ke barat wilayah Indonesia terlibat dalam peringatan Hari Bangunan Indonesia ini. Mahasiswa Sipil Universitas Lampung merayakan Hari Bangunan Indonesia dengan menyelenggarakan Civil Goes to Campus yang melibatkan masyarakat di Desa Kediri untuk gotong royong membangun pipa irigasi sawah di daerah setempat.



Mahasiswa Arsitek Universitas Indo Global Mandiri Palembang menggelar pameran hasil karya dan tugas akhir mahasiswa arsitektur yang menginspirasi. Mahasiswa Sipil Universitas Krisnadwipayana Jakarta membangun tempat pembuangan limbah di Kecamatan Muaragembong, menanam bakau dan melakukan penyuluhan pemanfaatan sampah daur ulang bagi warga setempat.

"Menurut saya, hari bangunan indonesia bisa menjadi momen pemicu kesadaran kami selaku mahasiswa untuk bisa menebarkan kebermanfaatan melalui pengaplikasian bidang ilmu yang kami miliki, lebih lanjut kami juga mendapatkan makna lebih akan ilmu yang telah dipelajari," ujar Achmad Bagus Fakhrizal selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Lampung.

Selain kampus di wilayah Sumatera dan Jakarta, perayaan Hari Bangunan Indonesia juga dilaksanakan oleh Mahasiswa Sipil Politeknik Negeri Bandung dengan webinar dan rangkaian kegiatan Polban Civil Expo. Mahasiswa Sipil Universitas Islam Malang dengan kegiatan Webinar konstruksi dan lomba membangun struktur jembatan.

Mahasiswa Sipil Universitas Jember turut mengadakan Social Project membangun kamar mandi dan tempat wudhu di Desa Jamberaum. Tidak ketinggalan mahasiswa Sipil Universitas Muhammadiyah Makassar menggelar konservasi Benteng Somba Opu, salah satu Cagar Budaya di Makassar.

"Semangat kolaborasi dan kebersamaan dalam kebermanfaatan terasa erat antar mahasiswa, lini usaha serta masyarakat dalam perayaan ini, sehingga menurut saya pribadi perayaan hari Bangunan ini harus menjadi salah satu agenda tahunan yang tak dilepaskan," ucap Achmad Bagus menambahkan.



Semarak Hari Bangunan Indonesia di berbagai kota ini menunjukkan bahwa insan konstruksi Indonesia siap untuk saling berkolaborasi membangun Indonesia lebih baik, dan Hari Bangunan Indonesia menjadi momen kolaborasi yang sangat strategis.

Peringatan Hari Bangunan Indonesia tahun 2021 adalah kedelapan kalinya sejak dideklarasikan pada tahun 2014. Hari bangunan Indonesia diinisiasi oleh Indocement beserta beberapa tokoh konstruksi Indonesia dari kalangan akademisi, konsultan, kontraktor, arsitek, developer ataupun produsen bahan bangunan.

Pada 11 November 2014, Hari Bangunan Indonesia dideklarasikan bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono bersama sekitar 500 insan konstruksi Indonesia di Jakarta.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6962 seconds (0.1#10.140)