Kunker ke Tana Toraja, Menparekraf Sandiaga Uno: Desa Wisata Buka Lapangan Kerja

Minggu, 21 November 2021 - 23:23 WIB
loading...
Kunker ke Tana Toraja, Menparekraf Sandiaga Uno: Desa Wisata Buka Lapangan Kerja
Sebagai desa wisata rintisan, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menilai Kole Sawangan, Tana Toraja siap menyambut wisatawan dengan atraksi dan daya tarik yang dimiliki. Foto/Dok
A A A
TANA TORAJA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi, kesiapan pemerintah daerah bersama masyarakat di Desa Kole Sawangan, Tana Toraja, dalam menyiapkan desanya sebagai desa wisata.

Kesiapan ini diharapkan dapat memperkuat daya tarik bagi wisatawan, sehingga menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa melalui terbukanya lapangan kerja.

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan ke Desa Wisata Kole Sawangan di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Minggu (21/111/2021).

Desa Wisata Kole Sawangan ditetapkan sebagai salah satu dari 50 besar desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Kole Sawangan baru mengajukan untuk menjadi desa wisata pada empat bulan lalu.

Kunker ke Tana Toraja, Menparekraf Sandiaga Uno: Desa Wisata Buka Lapangan Kerja


Sebagai desa wisata rintisan, Kole Sawangan dinilai siap menyambut wisatawan dengan atraksi dan daya tarik yang dimiliki.

"Ini juga, karena kerja cepat dari birokrasi Pemerintah Kabupaten Tana Toraja yang sudah mengeluarkan SK (desa wisata) dan mengurus kelengkapan dokumen. Karena desa wisata itu bisa maju kalau dukungannya adalah semua pihak berkolaborasi," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Anugerah Desa Wisata Indonesia bertujuan menggerakkan ekonomi secara berkeadilan di desa-desa yang sangat membutuhkan sentuhan. "Oleh karena itu ADWI ini memiliki tema Indonesia Bangkit," kata Sandiaga.

Desa Wisata Kole Sawangan terletak di Kecamatan Malimbong Balepe', Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Dari Bandar Udara Toraja, membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk sampai di desa yang terletak di kaki Gunung Sado'ko ini.

Kekuatan adat dan budaya menjadi daya tarik utama dari Desa Wisata Kole Sawangan. Seperti kawasan Toraja pada umumnya, di desa wisata ini wisatawan bisa menemui deretan Tongkonan atau rumah adat orang Toraja yang indah nan megah. Tongkonan merupakan rumah panggung tradisional masyarakat Toraja berbentuk persegi empat panjang.

Di Kole Sawangan wisatawan dapat melihat salah satu Tongkonan tertua di Toraja. Tongkonan tersebut awalnya dibangun pada tahun 1200 dan beratap batu. Namun pada tahun 1939, Tongkonan tersebut terbakar dan baru dipugar 7 tahun kemudian.

Melalui Tongkonan tersebut, wisatawan akan mendapatkan gambaran kesahajaan masyarakat Toraja yang sangat menghormati budaya luhur.

Selain sebagai tempat tinggal, Tongkonan juga memiliki peranan kuat sebagai tempat rumpun keluarga dalam melaksanakan upacara-upacara yang berkaitan dengan sistem kepercayaan, sistem kekerabatan, dan sistem kemasyarakatan.

Di bagian depan Tongkonan, wisatawan bisa melihat deretan tanduk kerbau yang terpajang. Tanduk kerbau tersebut merupakan simbol bahwa pemilik rumah adalah tuan yang sudah melakukan upacara rambu solo', yaitu sebuah upacara pemakaman secara adat atau pesta sebagai tanda penghormatan terakhir pada mendiang yang telah pergi.

Di halaman depan Tongkonan, wisatawan akan disuguhkan kerajinan tenun dan manik-manik yang dikerjakan para wanita. Wisatawan akan jamak melihat hal ini karena Desa Wisata Kole Sawangan memang merupakan salah satu sentra kerajinan dan ekonomi kreatif.

Kunker ke Tana Toraja, Menparekraf Sandiaga Uno: Desa Wisata Buka Lapangan Kerja


Selain kain tenun dan manik-manik, masyarakat di dalamnya juga mengembangkan kerajinan anyaman bambu seperti keranjang, nampan, tas, serta alat rumah tangga lainnya.

Tidak hanya itu, di Desa Wisata Kole Sawangan juga terdapat kuburan batu Saluliang. Ini juga merupakan salah satu kuburan batu tertua di Toraja, yakni sejak tahun 1215 dan masih digunakan sampai saat ini. Batu-batu besar yang berjejer mengikuti kontur tanah itu dilubangi dan dipahat menjadi liang kubur.

Kuburan batu ini memiliki liang terbanyak dari semua kuburan batu yang ada di Toraja yakni sebanyak 107 buah. Saluliang juga merupakan tempat pemujaan leluhur aluk todolo. Aluk Todolo sendiri merupakan agama leluhur nenek moyang suku Toraja.

Wisatawan yang datang ke desa wisata ini juga dapat melihat berbagai seni seperti tarian Pa'gellu, yakni tarian sukacita yang biasa dipentaskan pada upacara adat di Toraja, Sulawesi Selatan yang sifatnya riang gembira.

Pa’gellu atau ma’gellu dalam bahasa setempat berarti menari-nari dengan riang gembira sambil tangan dan badan bergoyang dengan gemulai, meliuk-liuk lenggak-lenggok.

Tarian ini pertama kali diciptakan oleh Nek Datu Bua’, yakni pada saat kembali dari medan peperangan yang kemudian dirayakan dengan menari penuh sukacita.

Selain itu, ada tarian Pa' Tirra, yang merupakan tari kreasi yang biasanya dilakukan oleh remaja laki-laki berjumlah genap. Mereka berbaris menjadi dua barisan sambil membawa alat musik yang terbuat dari bambu yang dibawa dan dihentakkan, sehingga mengeluarkan alunan nada yang secara teratur selaras dengan langkah dari para remaja laki-laki.

Tidak ketinggalan Kopi Pokko, yang merupakan produk kopi kemasan jenis arabika yang ditanam langsung di kebun-kebun kopi rumah warga dan di-roasting dengan alat tradisional, sehingga memiliki cita rasa yang khas.

Menparekraf mengatakan, dengan berbagai potensi tersebut, Desa Wisata Kole Sawangan sangat layak untuk menjadi destinasi unggulan.

"Oleh karena itu, kami akan menggagas bersama dengan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, tahun depan satu event internasional yang menandakan perjalanan kembali Toraja sebagai destinasi unggulan kedua setelah Bali," kata Sandiaga.

Bantuan Mesin Pemotong Bambu

Dalam kesempatan itu Menparekraf Sandiaga Uno menyerahkan bantuan mesin pemotong bambu bagi Desa Wisata Kole Sawangan untuk nantinya dapat digunakan masyarakat dalam meningkatkan produk ekonomi kreatif, khususnya produk anyaman bambu.

"Anyaman bambu dari Desa Wisata Kole Sawangan ini banyak peminatnya. Oleh karena itu kita gerak cepat, hadir dengan solusi dan fasilitasi mesin pemotong bambu, mesin pemroses kerajinan bambu. Mudah-mudahan dalam waktu beberapa minggu ke depan sudah bisa terpasang dan membantu proses produksi sehingga bisa meningkatkan penghasilan dan pendapatan bagi masyarakat desa Kole Sawangan," kata Sandiaga.

Kunker ke Tana Toraja, Menparekraf Sandiaga Uno: Desa Wisata Buka Lapangan Kerja


Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Menparekraf Sandiaga Uno yang berkenan hadir sekaligus menetapkan Desa Wisata Kole Sawangan sebagai desa wisata terbaik.

"Desa wisata Indonesia bangkit. Indonesia bangkit ini pun sejalan dengan visi misi kami Toraja Bangkit, produktif dan tangguh. Itulah visi misi kami," kata Theofilus Allorerung.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeg; Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan, Muhammad Jufri; Kepala Dinas Pariwisata Tana Toraja, Rospita Napa’; Ketua TP-PKK Tana Toraja, Yariana Somalinggi’; serta Tokoh Pariwisata Toraja, Luther Barrung.

Turut mendampingi Menparekraf Sandiaga Uno dari jajaran Kemenparekraf Baparekraf, yaitu Staf Khusus Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis, Henky Manurung; Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan, Indra Ni Tua; Direktur Pengembangan Destinasi II, Wawan Gunawan; serta Direktur Poltekpar Makassar, Muhammad Arifin.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)