Banyak Tuntutan terhadap BUMN, Erick Thohir: Pasti Direksi Sekarang Lagi Stres

Minggu, 28 November 2021 - 14:30 WIB
loading...
Banyak Tuntutan terhadap BUMN, Erick Thohir: Pasti Direksi Sekarang Lagi Stres
Erick Thohir menyatakan banyaknya tuntutan terhadap BUMN membuat sejumlah direksi mengalami stres. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Tuntutan efisiensi dan transformasi perusahaan pelat merah membuat sejumlah direksi BUMN menjadi stres. Menteri BUMN Erick Thohir pun mengakui kejadian itu.

Baca juga: Target Pemimpin Muda Tercapai, Erick Thohir Sebut 4 Nama Andalan

Erick menyebut, direksi BUMN dituntut melakukan banyak hal, mulai dari memulihkan bisnis perusahaan di saat dan pasca-pandemi, melakukan transformasi model bisnis, termasuk pembaharuan corporate social responsibility (CSR) hingga dividen, pajak, dan PNBP.

"Di era efisiensi ini pasti direksi sekarang lagi stres sama saya, karena dituntut dividen. (penggunaan) Dividen juga harus efisien," ujar Erick dalam gelaran Penanaman Pohon BUMN Serentak, Minggu (28/11/2021).

Erick Thohir meminta manajemen BUMN tidak hanya berpikir monoton soal Covid-19. Justru, yang dipikirkan adalah menghadapi dinamika pascapandemi.

Inisiatif strategis BUMN pascapandemi menjadi salah satu penentu Indonesia akan menjadi market bagi produsen global, atau justru menjadi produsen untuk negara-negara di dunia.



Implementasi transformasi BUMN, kata dia, tidak semata-mata dilihat dari peleburan, restrukturisasi, hingga pembentukan klaster berdasarkan bisnis inti. Namun, dilihat juga dari kontribusi BUMN terhadap perekonomian.

Baca juga: 4 Kondisi yang Mewajibkan Muslimah Mandi Wajib

Sebab itu, Erick meminta manajemen terus meningkatkan bisnis perusahaan secara maksimal guna mendukung pendapatan negara, meski di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, paling tidak perseroan mampu meningkatkan kontribusinya dibandingkan tahun-tahun lalu.
(uka)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2302 seconds (11.210#12.26)