Kolaborasi Beri Edukasi Literasi Keuangan bagi Tenaga Pendidikan di Hari Guru Nasional

Rabu, 01 Desember 2021 - 20:24 WIB
loading...
Kolaborasi Beri Edukasi Literasi Keuangan bagi Tenaga Pendidikan di Hari Guru Nasional
AIA bersama BCA dan Putera Sampoerna Foundation memberikan apresiasi bagi pahlawan pendidikan ini melalui webinar literasi keuangan pada Hari Guru Nasional
A A A
JAKARTA - Guru menjadi ujung tombak utama pendidikan bagi pelajar Indonesia. Oleh karena itu, wawasan yang dimiliki pun harus luas termasuk subjek keuangan. Menyadari peran guru yang sangat penting, PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) bersama dengan AIA dan Putera Sampoerna Foundation memberikan apresiasi bagi pahlawan pendidikan ini melalui webinar literasi keuangan pada Hari Guru Nasional tahun ini yakni pada 25 November.

Pada Kamis (25/11) webinar dengan tajuk “CELENGAN GURU (Cerdas Kelola Keuangan Guru)” digelar dan dihadiri oleh EVP Divisi Wealth Management BCA Ugahary Yovvy Chandra, EVP CSR BCA Inge Setiawati, Direktur Distribusi Kemitraan AIA Phung Magdalena, influencer dan Principal Consultant @Zapfinance Prita Ghozie beserta segenap guru dari berbagai wilayah di Indonesia.

Phung Magdalena, Direktur Distribusi Kemitraan, PT AIA FINANCIAL menyatakan pentingnya peran guru dalam mendorong pemahaman masyarakat akan pentingnya proteksi terutama dalam situasi pemulihan pandemi seperti saat ini. Edukasi dinilai sebagai pilar utama untuk keberlangsungan kehidupan, dalam momentum Hari Guru Nasional 2021 ini.

“Di AIA, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan literasi keuangan masyarakat, terutama literasi tentang asuransi jiwa, “ ucapnya.
Kolaborasi Beri Edukasi Literasi Keuangan bagi Tenaga Pendidikan di Hari Guru Nasional

Ia juga menyatakan AIA sangat menyambut baik program “Cerdas Kelola Keuangan Guru” bersama BCA. “Kami berterima kasih atas jasa yang telah diberikan oleh Bapak Ibu guru, semoga dengan upaya pembekalan finansial yang diberikan dapat bermanfaat untuk generasi penerus bangsa dan membantu jutaan keluarga di Indonesia hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik, ” tutur Phung Magdalena.

Hal senada dinyatakan EVP CSR BCA Inge Setiawati bahwa sebagai insan perbankan nasional, telah menjadi kewajiban dan komitmen dari BCA untuk hadir memberikan edukasi literasi keuangan.

“Kita semua tahu bahwa guru merupakan ujung tombak yang menjadi jembatan antara pelajar dengan pendidikan di sekolah. Maka dari itu kami berinisiatif untuk memberikan edukasi literasi keuangan bagi tenaga pendidik. Tidak hanya seputar keuangan in general melainkan juga pengelolaan keuangan untuk rumah tangga,” ujar Inge.

Pada kegiatan webinar ini, Putera Sampoerna Foundation menjadi jembatan yang menghubungkan kegiatan dengan 25 ribu guru yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.
Kolaborasi Beri Edukasi Literasi Keuangan bagi Tenaga Pendidikan di Hari Guru Nasional

Terkait dengan materi yang dibawakan oleh Prita Ghozie pun menarik. Ada pun beberapa topik serius namun tetap ringan yang dibawakan antara lain memahami keuangan yang sehat, pentingnya pencatatan keuangan, mengelola anggaran rumah tangga dan pengelolaan simpanan, investasi dan proteksi.

Edukasi literasi keuangan yang diadakan BCA ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah dan OJK untuk meningkatkan indeks literasi keuangan Indonesia yang masih rendah.

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) ketiga yang dilakukan OJK pada 2019 menunjukkan indeks literasi keuangan di Indonesia masih relatif rendah, yakni 38,03 persen. Dukungan dari berbagai pihak khususnya insan perbankan pun dilakukan untuk mencapai target indeks literasi keuangan beberapa tahun mendatang.

“Kami berharap berkat adanya kegiatan positif ini dapat memberikan dampak yang baik bagi seluruh tenaga pengajar dan alangkah baiknya materi yang disampaikan hari ini juga bisa menjadi bahan pembelajaran siswa. Hal itu tentunya untuk semakin meningkatkan indeks literasi keuangan di Indonesia. Semoga ke depannya semakin banyak kegiatan seperti ini yang menyasar publik yang lebih luas,” kata Yovvy. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)