Dear Shoppers! Cegah Impulsive Buying dengan 3 Tips MotionBanking Ini!

Rabu, 01 Desember 2021 - 21:34 WIB
loading...
Dear Shoppers! Cegah Impulsive Buying dengan 3 Tips MotionBanking Ini!
MotionBanking beri tips menghadapi impulsive buying. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Impulsive buying merupakan suatu tendensi seseorang untuk membeli sesuatu, baik itu berupa barang maupun jasa tanpa perencanaan sebelumnya. Seringkali kondisi ini didasarkan oleh emosi dan perasaan, juga terjadi secara spontan.

Impulsive buying ini bisa berdampak negatif terhadap kesehatan finansial masyarakat karena terjadi tanpa adanya pertimbangan dan perencanaan yang matang. Bahkan, harga barang yang mahal sekalipun tidak dapat mencegah terjadinya impulsive buying.



Perasaan bahagia, sedih, penasaran, dan lainnya bisa menjadi pemicu seseorang melakukan impulsive buying. Hal inilah yang harus bisa dikontrol oleh seseorang karena biasanya barang yang dibeli secara implusif tidak termasuk ke dalam barang yang dibutuhkan.

Untuk mencegah masyarakat melakukan impulsive buying, MotionBanking memberikan 3 cara yang dapat dilakukan:

1. Hindari belanja saat sedang sedih
Dari semua perasaan yang dapat memicu impulsive buying, perasaan sedih memiliki peran yang paling besar karena saat sedang sedih, seseorang akan mencari suatu "pelarian" untuk mengurangi rasa sedihnya. Hindari berbelanja saat sedang sedih, karena akan memicu kita untuk membeli barang yang tidak kita butuhkan.

2. Gunakan uang cash
Biasakan menggunakan uang cash, karena uang tersebut akan melimitasi pengeluaran yang akan dikeluarkan saat terjadi impulsive buying. Dengan uang yang terbatas pula, seseorang juga akan lebih mudah untuk mencegah dorongan impulsive buying yang tiba-tiba dapat muncul.

3. Refleksi Diri
Seseorang mungkin tidak akan langsung sadar saat terjadi impulsive buying, namun akan lebih baik jika masyarakat mulai membiasakan diri untuk selalu memiliki pertimbangan saat ingin membeli suatu barang. Hal ini nantinya berguna jika terjadi impulsive buying. Tetapi, akan lebih baik pula jika memiliki income tambahan yang digunakan khusus sebagai pengeluaran untuk impulsive buying.

MotionBanking dari PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank sebagi unit usaha dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group menghadirkan Program Referral yang memberikan reward bagi nasabah hanya dengan mengajak orang lain bergabung menjadi nasabah MNC Bank.

Melalui program referral, masyarakat berkesempatan mendapat reward saldo sebesar Rp10.000 yang dapat digunakan sebagai modal awal tabungan. Baik referrer (yang mengajak) maupun referree (yang diajak), akan mendapat hadiah yang sama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)