Begini Fintamin Racikan Bank Jago untuk Kesehatan Finansial

Kamis, 11 November 2021 - 19:16 WIB
loading...
Begini Fintamin Racikan Bank Jago untuk Kesehatan Finansial
Fintamin (Financial Vitamin) hasil racikan Bank Jago dirancang bersama oleh para pakar untuk membantu menjaga kesehatan dan daya tahan finansial. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pengelolaan uang masih menjadi pekerjaan rumah yang berat bagi sebagian besar masyarakat. Padahal, siapapun tahu bahwa gagal mengatur uang secara bijak dapat menurunkan kualitas kesehatan finansial .

Kesehatan finansial yang terus menurun tentu menimbulkan efek samping yang berbahaya. Paling sering muncul adalah perasaan cemas berlebihan karena merasa tidak mampu memenuhi kebutuhan diri dan keluarga. Pangkal persoalannya, dari dulu, selalu sama dan sederhana, yakni ketidakmampuan menyeimbangkan pengeluaran dengan pendapatan yang dihasilkan, dan tidak disiplin dalam menyisihkan dana untuk kebutuhan darurat.

Menurut financial advisor dan financial coach Philip Mulyana, situasi seperti ini muncul karena sebagian masyarakat, terutama generasi muda, belum terbiasa untuk mengelola uang secara sistematis dan konsisten. "Perencanaan keuangan pun dirancang secara ala kadarnya. Nyaris tidak memiliki prioritas, baik untuk keperluan jangka pendek, menengah dan panjang," katanya, Kamis (11/11/2021).



Menurut dia, masyarakat sebenarnya punya kebiasaan menabung untuk kebutuhan masa mendatang. Mereka tahu pentingnya menyisihkan dana darurat. Tapi polanya kerap tidak beraturan. Alokasi dananya terkadang juga tidak konsisten. Dan ketika uangnya terkumpul, mereka mudah mencairkan dan lupa dengan tujuan awalnya.

Philip menjelaskan, generasi milenial juga mulai semakin tercerahkan dengan rutin berinvestasi di luar produk konvensional seperti tabungan. "Ada yang investasi di kripto, reksadana dan saham. Tapi, sisi buruknya, mereka terlalu gampang membelanjakan hasil investasi untuk gaya hidup. Nilai portofolio investasinya bagai berjalan di tempat, meski sering mencetak cuan," ujarnya.

Jadi, kata Philip, untuk mencapai kesehatan finansial yang ideal, diperlukan perencanaan keuangan yang komprehensif. "Jangan sampai kita rajin investasi, tapi hasil keuntungannya menguap begitu saja karena ketidakmampuan menahan diri dari hal-hal konsumtif," jelasnya.

Agar memiliki perencanaan keuangan yang baik, Head of Product and Marketing Bank Jago Andy Djiwandono, menyarankan masyarakat untuk rajin "mengonsumsi" Fintamin (Financial Vitamin) hasil racikan Bank Jago bersama sejumlah pakar.

Resep Fintamin ini dirancang bersama sama dengan mengacu ke tantangan finansial yang paling sering dihadapi masyarakat sehari hari. Selain Philip, Bank Jago juga melibatkan perencana keuangan lainnya, antara lain Annisa Steviani, Samuel Ray, Dani Rachmat dan Ferdie Darmawan.

Menurut Andy, Fintamin adalah serangkaian nutrisi yang akan membantu menjaga kesehatan dan daya tahan finansial. Setiap Fintamin memberikan khasiat dan memiliki anjuran pemakaian yang berbeda, tergantung tahap kehidupan.

"Fintamin tidak menjanjikan hasil dalam waktu cepat. Namun, konsumsi Fintamin secara rutin dapat memaksimalkan kesehatan dan daya tahan finansial secara pribadi dan bersama-sama keluarga serta orang tersayang," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3523 seconds (0.1#10.140)