Siap-siap Beli Rumah Pertama? Simak 3 Tips Cerdas dari MotionBanking Ini

Senin, 06 Desember 2021 - 09:54 WIB
loading...
Siap-siap Beli Rumah Pertama? Simak 3 Tips Cerdas dari MotionBanking Ini
MotionBanking memfasilitasi nasabah untuk membeli rumah pertama. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Membeli rumah merupakan impian bagi banyak masyarakat, apalagi rumah tersebut adalah rumah yang pertama kali dibeli. Namun, harga properti di kota-kota besar khususnya Jakarta sering kali mengurungkan niat masyarakat untuk membeli rumah.



Dengan cicilan dan bunga yang mahal, tidak sedikit masyarakat "terintimidasi" saat ingin membeli rumah untuk yang pertama kali. Meskipun demikian, dengan perencanaan yang matang masyarakat tidak perlu takut atau khawatir saat ingin membeli rumah pertama.

Sebelum membeli rumah, Anda perlu mengukur keadaan finansial Anda dan menyesuaikannya dengan rumah yang ingin dibeli. Untuk membantu masyarakat mempersiapkan pembelian rumah pertamanya, MotionBanking memberikan 3 tips berikut:

1. Kondisikan income dan rencana ke depan
Saat memiliki rencana membeli rumah, lakukanlah proyeksi kestabilan karier ataupun pemasukan Anda di masa yang akan datang. Anda harus sebisa mungkin menjaga atau meningkatkan income yang dimiliki agar cicilan yang harus dibayar dapat diselesaikan dengan baik.

2. Sesuaikan dengan budget
Membeli rumah pertama tidak harus mewah, namun akan lebih baik jika rumah yang ingin dibeli sesuai dengan budget yang dimiliki, terutama saat seseorang memilih untuk menyicil rumah tersebut. Jangan memaksa untuk membeli rumah di luar kemampuan finansial karena nantinya akan berdampak pada cicilan yang memberatkan.

3. Rencanakan Down Payment yang sesuai
Dalam membeli rumah, seseorang bisa mendapatkan cicilan yang ringan dengan cara membayar down payment yang besar. Usahakan mengambil pembayaran down payment dengan kisaran 40-50% dari harga keseluruhan sehingga cicilan yang perlu dibayar ke depannya akan semakin ringan. Salah satu cara agar masyarakat bisa melakukan pembayaran down payment yang lebih besar adalah menabung.

MotionBanking dari PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP), anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) di bawah naungan MNC Group, memberikan fasilitas bagi masyarakat yang ingin memulai menabung. Dengan MotionBanking, masyarakat bisa mendapatkan bunga tabungan dengan suku bunga hingga 3,5% sehingga tabungan yang dimiliki menjadi bertambah.



Untuk menjadi nasabah, caranya pun mudah. Unduh aplikasi MotionBanking di Google PlayStore dan Apple AppStore melalui tautan berikut bit.ly/downloadMotionBanking kemudian isi data diri lalu selfie dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Untuk informasi dan syarat ketentuan lebih lanjut, dapat mengunjungi www.motionbanking.id , menghubungi call center MNC Bank di 1500188, Whatsapp di 0888-888-8888, email di cs@motionbanking.id dan Instagram di @motionbankingid.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)