2 BUMN Perikanan Dilebur, Erick Thohir Tunjuk Sigit Muhartono Jadi Bosnya

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:33 WIB
loading...
2 BUMN Perikanan Dilebur, Erick Thohir Tunjuk Sigit Muhartono Jadi Bosnya
Menteri BUMN Erick Thohir resmi menetapkan Sigit Muhartono sebagai Direktur Utama PT Perikanan Indonesia (Persero) usai sebelumnya ada 6 BUMN Pangan yang dimerger menjadi 3 BUMN. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir resmi menetapkan Sigit Muhartono sebagai Direktur Utama PT Perikanan Indonesia (Persero). Keputusan tersebut ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan Surat Keputusan (SK) Menteri Nomor SK-379/MBU/12/2021.

Sigit Muhartono tercatat memiliki pengalaman sebagai CEO di beberapa perusahaan pelat merah. Dia juga berkompeten di sektor perikanan sehingga diharapkan mampu mengangkat sektor perikanan Indonesia.



Pemegang saham juga menetapkan Manahan Hutapea sebagai Direktur Keuangan dan Dukungan Kerja, sementara Sugi Purnoto selaku Direktur Operasional.

Untuk Dewan Komisaris, Erick Thohir mengangkat Muhammad Yusuf sebagai Komisaris Utama, Muhammad Riza Adha Damanik selaku Komisaris, Cecep Setiawan sebagai komisaris, Johnson Sihombing Komisaris Independen dan Andre JO Sumual Komisaris Independen. Hal itu dituangkan dalam SK Menteri Nomor SK-384/MBU/12/2021.

Untuk diketahui, PT Perikanan Indonesia (Persero) dan PT Perikanan Nusantara (Persero) resmi bergabung usai ditandatanganinya akta penggabungan PT Perikanan Nusantara ke dalam PT Perikanan Indonesia pada 2 Desember 2021.

Penggabungan pun sah secara hukum dan terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Prosesi penandatanganan Akta Penggabungan ini merupakan bentuk tindak lanjut atas terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 99 tahun 2021 tentang Penggabungan Perusahaan Perseroan (Persero) PT Perikanan Nusantara ke dalam perusahaan perseroan (Persero) PT Perikanan Indonesia yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 15 September 2021.

Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury mengatakan merger BUMN adalah salah satu proses menuju ketahanan Pangan. Hal ini dilakukan melalui revitalisasi dan peningkatan kinerja BUMN Klaster Pangan.

Total ada 6 BUMN Pangan yang dimerger menjadi 3 BUMN. Salah satunya adalah BUMN Perikanan PT Perikanan Nusantara (Persero) ke dalam PT Perikanan Indonesia (Persero).

Merger ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan dan meningkatkan produk pangan di Indonesia. “Proses penggabungan BUMN ini merupakan momentum untuk menuju holding pangan” uhar Pahala, Kamis (9/12/2021).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1114 seconds (0.1#10.140)