Menparekraf Sandiaga Uno: Perempuan Berperan Penting dalam Kebangkitan UMKM

Sabtu, 11 Desember 2021 - 20:45 WIB
loading...
Menparekraf Sandiaga Uno: Perempuan Berperan Penting dalam Kebangkitan UMKM
Sandiaga Uno mengatakan perempuan punya peran membangkitkan UMKM. Foto/Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyebut perempuan memiliki peranan penting dalam upaya membangkitkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.



Menparekraf Sandiaga dalam sambutannya di webinar entrepreneurship dengan tema "Peningkatan Pemberdayaan Perempuan Dalam Kewirausahaan", dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun 2021, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Rabu (8/12/2021), menjelaskan bahwa sebanyak 65 juta UMKM memberikan kontribusi sebesar 61% perekonomian nasional, dan 64% pelaku UMKM di indonesia adalah perempuan.

"Bangkitnya perekonomian nasional adalah bangkitnya UMKM, serta bangkitnya perempuan Indonesia yang berdaya khususnya pada bidang ekonomi sebagai pelaku usaha UMKM, yang memiliki peranan sangat penting bagi ketahanan ekonomi keluarga juga bagi negara," kata Sandiaga.

Oleh karena itu, peningkatan kemampuan atau upskilling bidang kewirausahaan di kalangan perempuan perlu ditingkatkan. Sebab, menurut Sandiaga, hal tersebut akan menjadi bekal dalam menyambut bangkitnya perekonomian nasional pascapandemi COVID-19 yang mengandalkan dari UMKM.

Lebih lanjut, Sandiaga menyampaikan bahwa pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan merupakan isu lintas sektor, sehingga memerlukan kolaborasi lintas dan multisektor. Sehingga penyelenggaraan webinar entrepreneurship ini merupakan wujud dari strategi inovasi, adaptasi, dan kolaborasi di tengah pandemi COVID-19.

Penyelenggaraan webinar entrepreneurship dengan tema "Peningkatan Pemberdayaan Perempuan Dalam Kewirausahaan", dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun 2021 akan dilaksanakan selama tiga hari ke depan, mulai dari tanggal 8 sampai dengan 10 Desember 2021, dan terbuka untuk umum dengan 1.000 kuota.

"Tanggal 22 Desember diperingati setiap tahun sebagai ‘Hari Ibu', dengan berbagai kegiatan. Pada peringatan Hari Ibu tahun ini, salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh ikatan PIMTI Madya Perempuan Indonesia. Sebagai tuan rumah penyelenggaraan, Kemenparekraf memberikan apresiasi yang tinggi, atas inisiatif ibu-ibu PIMTI Madya Perempuan Indonesia dalam mendukung peningkatan SDM perempuan," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Kemenparekraf/ Sekretaris Utama Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani menyampaikan bahwa webinar kewirausahaan bagi perempuan ini bertujuan guna mendukung pembangunan nasional, yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing.



"Peran perempuan sangat penting dan strategis dalam mendukung pembangunan nasional, oleh karena itu webinar ini mendukung optimalisasi pemberdayaan perempuan," ujarnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2286 seconds (0.1#10.140)