Dirut MNC Sky Vision Beri Masukan Soal BUMN dan UMKM

Sabtu, 11 Desember 2021 - 23:59 WIB
loading...
Dirut MNC Sky Vision Beri Masukan Soal BUMN dan UMKM
BUMN diharapkan menjadi agen pembangunan infrastruktur. Foto/ilustrasi
A A A
JAKARTA - Direktur Utama MNC Sky Vision Hari Susanto mengatakan, seharusnya perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) menjadi agen pembangunan infrastruktur, bukan malah menghalangi pihak swasta untuk berkembang.

Baca juga: Belasan Warga Binaan Wisma Sahabat Baru Jakbar Bersyukur Usai Terima Bantuan MNC Sky Vision dan MNC Peduli

"Jadi saya punya masukkan, yang pertama untuk BUMN dan kedua untuk UMKM. Saya pikir ke depannya untuk industri kita, BUMN harusnya menjadi agen pembangunan. Jangan semuanya dikuasai seperti Telkom. Katakanlah mereka membangun tiang yang seharusnya membangun infrastruktur," kata Hari dalam Sarasehan Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19: Membangun Ekonomi Indonesia yang Adaptif dan Resiliens Unpad, Sabtu (11/12/2021).

Menurut Hari, sektor usaha swasta yang paling berdampak pandemi datang dari usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Jika BUMN bersikap menguasai lapangan swasta, maka berdampak ke UMKM juga.

"Karena sekarang yang terdampak pandemi ini kan sektor swasta dan boleh dibilang itu UMKM yang paling berdampak. Jadi usulan saya untuk BUMN bangun yang berbasis infrastruktur agar industrinya efisien," katanya.

Sedangkan untuk UMKM, usaha mereka sebetulnya banyak yang memiliki potensi. Menurut Hari, seharusnya pemerintah memberikan proteksi ke UMKM agar bisa berkembang sebelum dilepas ke kancah internasional.

Baca juga: Bikin Merinding, Foto Luar Angkasa Ini Rekam Letusan Mematikan Gunung Semeru

"Kenapa? Kalau tidak, banyak yang bagus-bagus kalau tidak naik kelas, ga bisa dengan segala keterbatasannya. Contohnya kopi kita tuh lebih enak dari Starbucks, tapi UMKM kita ga sanggup untuk sewa di mal," jelas Hari.
(uka)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1380 seconds (10.177#12.26)