Komitmen Bantu UMKM, OK Bank Hadirkan Sejumlah Produk Perbankan

Kamis, 16 Desember 2021 - 16:26 WIB
loading...
Komitmen Bantu UMKM, OK Bank Hadirkan Sejumlah Produk Perbankan
OK Bank berkomitmen membantu pendanaan UMKM di Indonesia.
A A A
JAKARTA - Masuknya bank asing ke Indonesia dengan mengakuisisi bank nasional diyakini memiliki imbas positif bagi pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kemudahan akses kredit yang disediakan bank asing dapat dimanfaatkan pelaku UMKM untuk mengepakkan sayap bisnisnya, sehingga dapat meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian nasional.

Mengutip data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), pandemi Covid-19 menumbuhkan banyak UMKM baru dan memicu peralihan penjualan luring (offline) ke daring (online) sejak tahun lalu. UMKM diketahui menyumbang Pendapatan Domestik Bruto (PDB) lebih dari 60%. Selain itu hingga April 2020 penjualan daring meningkat hingga 480% dibandingkan bulan Januari 2020.

(Baca juga:OK Bank Ingin Lebih Dikenal Oleh Masyarakat)

Bertambahnya jumlah pelaku UMKM yang mengharapkan bisnis yang maju dan berkembang, tentunya membutuhkan akses penyaluran dan penghimpunan dana yang mudah. Salah satu bank yang menyediakan akses tersebut adalah PT Bank Oke Indonesia Tbk atau biasa disebut OK Bank. Hal ini dibuktikan dengan dukungan yang diberikan untuk pertumbuhan UMKM di Indonesia melalui sejumlah produk perbankan yang ditawarkan.

Hendra Lie, Wakil Direktur Utama PT Bank Oke Indonesia Tbk mengatakan dukungan yang diberikan OK Bank ke pelaku UMKM antara lain penyaluran dan penghimpunan dana. Di OK Bank sendiri penyaluran dana atau kredit UMKM per September 2021 mencapai 33,78% dari total portofolio kredit Bank, dan di atas minimal ketentuan pemerintah yaitu 20%.

(Baca juga:Perampok Bank di Tangerang Terlatih, 2 Orang Bersenpi dan Gunakan Minibus)

“Kami percaya, bahwa UMKM punya potensi besar untuk membawa ekonomi Indonesia menjadi lebih besar kedepannya.” kata Hendra Lie dalam keterangan tertulisnya, Kamis (16/12/2021).

Dalam hal penghimpunan dana, OK Bank menyediakan produk untuk mengelola dana operasional para pelaku UMKM yang mudah diakses dan fleksibel. Salah satunya OK! Tabungan Bisnis di mana OK Bank menawarkan bunga yang menarik sampai dengan 4.00%.

(Baca juga:Petugas Korban Penembakan Perampok Bank di Tangerang Membaik, Sudah Bisa Diajak Bicara)

Pelaku UMKM dapat mengakses produk OK! Tabungan Bisnis dari OK Bank dengan saldo awal pembukaan rekening minimum Rp10 juta dan akan mendapatkan bunga sebesar 4.00% dengan saldo rekening di atas Rp100 juta. Pelaku UMKM dapat melakukan transaksi melalui mobile banking atau internet banking, mesin ATM, ataupun melalui teller di cabang terdekat.

Ke depan, kata Hendra Lie, OK Bank akan terus mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia terlebih saat pandemi Covid-19 dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian untuk memitigasi risiko yang timbul. UMKM diharapkan dapat menjadi tulang punggung ekonomi di masa mendatang. “Maka hingga saat ini, OK Bank tengah berencana meluncurkan layanan inovasi perbankan yang baru bagi masyarakat Indonesia,” katanya.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1029 seconds (0.1#10.140)