Tingkatkan SDM Kontruksi, PUPR Gelar Pelatihan Jarak Jauh Penerapan BIM

Senin, 08 Juni 2020 - 20:31 WIB
loading...
Tingkatkan SDM Kontruksi, PUPR Gelar Pelatihan Jarak Jauh Penerapan BIM
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan webinar dan pelatihan online untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) konstruksi dalam pemanfaatan teknologi Building Information Modeling (BIM) atau teknologi konstruksi yang berbasis industri 4.0.

BIM merupakan sebuah metode baru untuk konstruksi infrastruktur yang mengintegrasikan model virtual beserta data atau informasi teknisnya.

"Pemanfaatan teknologi harus memberikan nilai tambah bagi pelaksanaan pembangunan infrastruktur, bukan sekadar ikut-ikutan atau mengikuti tren sesaat. Industri 4.0 hanya instrumen, justru dibelakangnya harus ada SDM yang andal," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (8/6/2020).

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Trisasongko Widianto, memandang di era revolusi industri 4.0 ini, perlu adanya SDM konstruksi nasional yang piawai dalam menggunakan teknologi. Salah satunya adalah teknologi perancangan konstruksi menggunakan BIM, untuk bangunan konstruksi tidak sederhana

"Untuk meningkatkan SDM, PUPR akan terus menyelenggarakan webinar dan pelatihan online BIM dengan berkolaborasi bersama mitra-mitra strategis, yakni sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dan konstruksi," terangnya.

Baca: Pemasangan Box Precast di Jalan Kolonel Wahid Udin Muba Rampung

Kepala Balai Penerapan Teknologi Konstruksi (Balai PTK) Cakra Nagara mengatakan kolaborasi penyelenggaraan pelatihan secara daring ini dilakukan dengan berbagai pihak dan melibatkan hingga ribuan peserta.

Contohnya, kolaborasi webinar implementasi metode BIM di proyek konstruksi telah dilakukan bekerja sama dengan 5 kontraktor BUMN yakni PT Brantas Abipraya (Persero), PT Adhi Karya Tbk, PT PP Tbk, PT Waskita Karya Tbk, dan PT Wijaya Karya Tbk, yang menyedot sekitar 8.000 pendaftar.

Kementerian PUPR mengungkapkan bagi para peminat yang ingin mendapatkan informasi mengenai jadwal kegiatan webinar dan pelatihan online BIM dapat diakses melalui media sosial resmi SIBIMA Konstruksi.
(bon)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2350 seconds (10.101#12.26)