3 Pesan Menteri Basuki Buat Generasi Milenial PUPR

Jum'at, 17 Desember 2021 - 20:02 WIB
loading...
3 Pesan Menteri Basuki Buat Generasi Milenial PUPR
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berpesan kepada pegawai muda atau milenial di lingkungan PUPR khususnya yang bertugas di Ditjen Bina Marga untuk memperkaya pengalaman di lapangan.

Menurut dia, hal tersebut diperlukan untuk mengimbangi profesional di kantor dengan profesionalisme di lapangan agar tidak menjadi engineer salon yang tidak bisa memutuskan sesuatu dengan lebih baik. "Karena banyak sekali kesempatan belajar di lapangan baik di jalan tol maupun jalan nasional," ujarnya, Jumat (16/12/2021).



Basuki menyatakan, jalan memiliki peran strategis. Jalan tidak hanya untuk menghubungkan satu wilayah ke wilayah lainnya, tetapi juga mendukung pemerataan pembangunan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta pertumbuhan ekonomi.

Lebih lanjut, Basuki memberikan tiga pesan kepada generasi muda di PUPR. Pertama, kata dia, orang PUPR harus memiliki sistematika berpikir. Adapun panduannya tertuang dalam SIDLACOM (Survey, Investigation, Design, Land Acquisition, Action Programme, Construction, Operation, Maintenance).

"SiDLACOM ini tata kelola pembangunan infrastruktur yang mengarahkan pola pikir kita. Melalui SIDLACOM kita bisa efisien secara cost dan optimal secara teknis,” tuturnya.



Kedua, generasi muda PUPR harus berpikir untuk memberikan kontribusi semaksimal mungkin dalam penyelenggaraan infrastruktur PUPR. Ketiga, generasi muda PUPR harus menempa diri secara teknis dengan melanjutkan sekolah dan diimbangi dengan pengalaman di lapangan.

“Orang PU itu harus kuat, berani dan berjiwa seni. Kita bisa kuat kalau kompeten, bisa berani kalau berintegritas dan berjiwa seni diperlukan karena harus berinovasi dan berimprovisasi dalam membuat keputusan. Saya harap Generasi Muda dapat tetap menjaga kredibilitas Kementerian PUPR,” tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)