Ajak Bijak Atur Keuangan, MotionBanking Berikan 2 Tips Jitu Pemakaian Kartu Kredit

Senin, 20 Desember 2021 - 09:15 WIB
loading...
Ajak Bijak Atur Keuangan, MotionBanking Berikan 2 Tips Jitu Pemakaian Kartu Kredit
Jika tidak digunakan dengan bijak, kartu kredit bisa menjadi bumerang yang justru membebani keuangan masyarakat. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sebagian besar masyarakat saat ini memiliki kartu kredit sebagai salah satu instrumen keuangannya. Walaupun kartu kredit diberikan oleh bank sebagai sarana finansial untuk membantu kebutuhan masyarakat, jika tidak digunakan dengan bijak, kartu kredit bisa menjadi bumerang yang justru dapat membebani keuangan masyarakat.

Direktur Bisnis Digital PT Bank MNC International Tbk (BABP) Tee Teddy Setiawan, “Tidak jarang masyarakat yang memiliki kartu kredit justru terjebak dalam kesulitan pembayaran cicilan bulanan. Hal ini bisa terjadi karena penggunaan kartu kredit yang tidak diimbangi dengan penghasilan yang dimiliki. Perlu diketahui bahwa kartu kredit bukan merupakan ‘uang tambahan’, namun merupakan alat pembayaran.”



Menyikapi hal tersebut, MotionBanking memberikan 2 tips yang dapat menjadi pengetahuan finansial dan menambah literasi masyarakat dalam mengatur pemakaian kartu kreditnya:

1. Bayar Sesuai Jatuh Tempo
Perlu dipahami lagi bahwa setiap pembayaran yang kita lakukan dengan menggunakan kartu kredit merupakan ‘utang’ yang harus kita bayarkan ke bank. Hal inilah yang seringkali salah diartikan oleh masyarakat sehingga tidak sedikit yang terjebak dalam beban cicilan bulanan. Untuk meringankan pembayaran tempo, masyarakat bisa menggunakan opsi cicilan yang ditawarkan oleh kartu kredit.

2. Bayar Tagihan Bulanan Secara Penuh
Walapun bank memberikan opsi pembayaran minimum untuk kartu kredit, akan lebih baik jika masyarakat membiasakan diri untuk membayar setiap tagihan bulanan secara penuh. Jika tidak, tagihan yang perlu dibayarkan akan menumpuk karena di bulan berikutnya pasti akan ada kebutuhan lain yang memerlukan pembayaran dengan kartu kredit.

“Jika masyarakat dapat bijak dalam menggunakan kartu kredit, justru kondisi finansial masyarakat akan lebih terbantu, karena banyak sekali promo-promo yang sering ditawarkan kartu kredit serta opsi-opsi pembayaran yang akan mengurangi beban pengeluaran masyarakat tiap bulannya,” tutup Teddy.



MotionBanking dari PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP), anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) di bawah naungan MNC Group memberikan fasilitas bagi masyarakat yang ingin memulai menabung. Dengan MotionBanking, masyarakat bisa mendapatkan bunga tabungan dengan suku bunga hingga 3,5% sehingga tabungan yang dimiliki menjadi bertambah.

Untuk menjadi nasabah, caranya pun mudah. Unduh aplikasi MotionBanking di Google PlayStore dan Apple AppStore melalui tautan berikut bit.ly/downloadMotionBanking kemudian isi data diri lalu selfie dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Untuk informasi dan syarat ketentuan lebih lanjut, dapat mengunjungi www.motionbanking.id , menghubungi call center MNC Bank di 1500188, Whatsapp di 0888-888-8888, email di cs@motionbanking.id dan Instagram di @motionbankingid.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4128 seconds (0.1#10.140)