Platform Digital Diyakini Mampu Kembangkan Bisnis UMKM

Senin, 20 Desember 2021 - 15:03 WIB
loading...
Platform Digital Diyakini Mampu Kembangkan Bisnis UMKM
Platform digital bisa memaksimalkan bisnis UMKM. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT CTRIP Technology Indonesia (Ctrip 360), sebuah startup yang bergerak bidang penyediaan VR technology, creative content production, live streaming, dan e-commerce, membantu usaha mikro, kecil, dan menengah ( UMKM ) memaksimalkan bisnisnya melalui platform digital. Untuk mewujudkan itu, Ctrip 360 menggandeng Persatuan Usaha Mikro Kecil Menengah Indonesia (Perumkmindo).



Ctrip 360 akan membuka kelas training edukasi digital marketing yang membantu para pelaku UMKM mengoptimalkan platform digital dalam berbisnis, seperti membuat konten untuk produk dan cara berjualan melalui live streaming.

“Peluang bisnis UMKM saat ini lebih mengarah kepada e-commerce. Minimnya pelatihan dan pendampingan serta pemahaman tentang pemasaran digital menjadi salah satu faktor penyebab UMKM masih menggunakan cara konvensional dalam pengembangan bisnis mereka,” kata James Du, CEO PT. CTRIP Technology Indonesia, dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/12/2021).

Selain itu, ke depannya Ctrip 360 juga melakukan strategi merger dengan Seahub Media untuk membuat program pelatihan jangka panjang. Caranya dengan mendirikan education center yang tidak hanya ditujukan untuk pelaku UMKM saja, namun memiliki cakupan pasar yang lebih luas.

Tommy Li, COO Seahub Media, mengatakan program itu diharapkan menjadi program jangka panjang dan luas, sehingga bukan hanya UMKM yang mendapat pelatihannya. Selain itu, juga akan mendorong UMKM naik kelas.

"Harapan kami melalui program ini dapat mengintegrasikan UMKM se-Indonesia untuk naik kelas dan sigap dalam merebut pasar di tengah persaigan digital,” jelas Tommy.

Tommy menambahkan, program pelatihan yang akan diberikan nantinya dalam bentuk kelas training dan akan ada hadiah bagi para pelaku UMKM, peserta didik, dan pengajar berprestasi terpilih.

“Akan ada hadiah juga nantinya Rp1 miliar sampai Rp2 miliar untuk peserta didik, pelaku UMKM dan tenaga pengajar yang berprestasi selama program pendidikan,” kata Tommy.

Sementara itu, Arifin Ibrahim, Ketua Umum Perumkmindo, berharap kerja sama ini dapat membantu para pelaku UMKM dalam memaksimalkan performa bisnis mereka di tengah gempuran produk luar negri yang masuk melalui platfrom digital.



“Kerja sama ini merupakan suatu kemajuan bagi para pelaku UMKM untuk bertransformasi ke arah digital dengan mengembangkan cara promosi mereka agar dapat bersaing di tengah era digitalisasi dan produk mereka lebih dikenal masyarkat luas,” tandas Arifin.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3165 seconds (0.1#10.140)