Hanya Dengan Perhatikan Tips Sederhana Ini, Belanja di Pasar Jadi Aman Saat Pandemi

Jum'at, 24 Desember 2021 - 20:42 WIB
loading...
Hanya Dengan Perhatikan Tips Sederhana Ini, Belanja di Pasar Jadi Aman Saat Pandemi
(Foto: Instagram/@summareconbekasi)
A A A
JAKARTA - Anjuran untuk mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan di masa pandemi menjadi salah satu cara untuk mengurangi laju penyebaran virus Covid-19. Namun, kebutuhan harian pun harus tetap dipenuhi. Untuk itu, adanya gerakan masyarakat hidup sehat dengan wajib menggunakan masker saat keluar rumah menjadi salah satu cara meminimalisir penyebaran virus corona.

Selain menggunakan masker, belanja aman di pasar rakyat bisa dilakukan dengan berbagai langkah lainnya. Dengan begitu, kebutuhan harian bisa tetap terpenuhi, kesehatan pun dapat terjaga. Bagaimana caranya?

Yuk simak beberapa tips dari akun Instagram Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) @bnpb_indonesia di bawah ini :

1. Catat rencana barang belanja
Sebelum beranjak untuk berbelanja kebutuhan, sebaiknya catat dulu daftar belanjaan Anda. Dengan begitu, Anda bisa memangkas waktu untuk berada di kerumunan dan meminimalisir penyebaran virus Covid-19.

Untuk mematuhi penerapan protokol kesehatan (membatasi mobilitas), Anda juga disarankan untuk membeli kebutuhan untuk tiga hari hingga seminggu. Hal ini guna mengurangi kontak serta aktivitas di luar rumah. Namun, Anda juga tetap harus mengingat jika orang lain pun memiliki kebutuhan serupa, untuk itu jangan sampai terjadi panic buying, ya.

2. Perhatikan jarak saat berbelanja
Untuk meminimalisir terjadinya penularan Covid-19 saat berbelanja di pasar, perhatikan untuk selalu menjaga jarak minimal 1 meter. Oleh karena itu, selalu jaga jarak aman Anda dengan pembeli lainnya maupun dengan pedagang di tengah aktivitas memilih barang belanjaan.

Selain dengan menjaga jarak, usahakan untuk meminimalisir menyentuh barang yang tidak dibutuhkan. Jangan lupa gunakan hand sanitizer setelah tidak sengaja menyentuh atau memilih barang guna mengurangi risiko tertular Covid-19.

3. Pilih waktu belanja
Untuk menerapkan salah satu protokol kesehatan 6M di masa pandemi, yakni menghindari kerumunan, Anda bisa mengantisipasinya dengan memilih waktu berbelanja. Usahakan untuk menghindari waktu sibuk pasar, seperti hari Sabtu dan Minggu. Selain itu, perhatikan pula jam ramai pasar dengan memperkirakan waktu buka dan tutup pasar rakyat yang dituju.

4. Selalu terapkan protokol kesehatan 6M
Saat Anda berbelanja ke Pasar Rakyat ataupun ke supermarket, pastikan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 6M, yakni mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, memakai masker dengan benar, menghindari kerumunan, menghindari makan bersama, dan mengurangi mobilitas. Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk selalu menggunakan masker dengan benar dan membawa hand sanitizer untuk mencegah terjadinya penularan virus Covid-19.

Protokol kesehatan 6M ini juga telah diterapkan di berbagai pasar rakyat tempat diselenggarakannya Festival Pasar Rakyat 2021. Seperti di Pasar Muara Karang, Fresh Market Bintaro, Fresh Market Grand Galaxy Bekasi, Pasar Segar Modern Sinpasa Bekasi, dan Pasar Sukatani Depok.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0929 seconds (0.1#10.140)