Hanya Dengan Perhatikan Tips Sederhana Ini, Belanja di Pasar Jadi Aman Saat Pandemi

Jum'at, 24 Desember 2021 - 20:42 WIB
loading...
A A A
Dalam penerapannya, kelima pasar ini memiliki fasilitas yang berbeda-beda untuk menerapkan protokol kesehatan. Secara umum, pasar-pasar ini telah menyediakan fasilitas dasar protokol kesehatan seperti alat cuci tangan atau hand sanitizer sebelum memasuki area, lalu pengecekan suhu tubuh, dan tambahan hand sanitizer yang berada di beberapa kedai penjual. Kewajiban untuk memakai masker pun ketat diterapkan tidak hanya kepada para pengunjung saja, namun juga pedagang pasar dan warga pasar lainnya.

Di pasar Muara Karang, terlihat adanya bilik sterilisasi yang dapat digunakan pengunjung saat memasuki pasar atau pulang. Bahkan, ini juga telah tersedia barcode PeduliLindungi sebelum memasuki kawasan pasar, salah satunya berada di pasar Fresh Market Bintaro. Selain itu, kelima pasar ini juga menyediakan fasilitas QR Code, sehingga mengurangi transaksi tunai dan menghindari perpindahan virus melalui uang.

5. Belanja secara online

Hanya Dengan Perhatikan Tips Sederhana Ini, Belanja di Pasar Jadi Aman Saat Pandemi

Sesuai dengan anjuran pemerintah untuk mengurangi mobilitas, kini belanja kebutuhan juga bisa dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi, salah satunya adalah platform digital Titipku yang dapat membantu Anda membeli kebutuhan harian di pasar rakyat secara daring.

Bagi umat muslim, barang belanjaan Anda dapat terjamin kehalalannya dengan menggunakan fitur Belanja Halal pada aplikasi Titipku yang merupakan terobosan dari kolaborasi bersama Adira Finance Syariah. Fitur yang baru dirilis saat pembukaan gelaran Festival Pasar Rakyat 2021 yang diselenggarakan oleh Adira Finance.

Di Festival Pasar Rakyat 2021, Anda bisa mendapatkan pengenalan cara berbelanja online di pasar dengan mengunjungi Pasar Rakyat Corner di empat cabang Adira Finance yang berada di Jabodetabek, yakni Kantor Cabang Jaksel 1 – Tebet (13-18 Des 2021), Kantor Cabang Ciputat (13-18 Des 2021), Kantor Cabang Cimanggis (10-15 Jan 2022), dan Kantor Cabang Bekasi Grand Mall (10-15 Jan 2022). Atau bisa juga ikuti informasi mengenai Festival Pasar Rakyat melalui website adira.co.id serta media sosial Adira Finance di @adirafinanceid.

Tidak hanya Pasar Rakyat Corner untuk pelanggan Adira Finance dan masyarakat sekitar kantor cabang, untuk para pedagang pasar, Festival Pasar Rakyat 2021 juga menggelar Workshop untuk mengenalkan metode berdagang secara digital dan literasi keuagan. Hal ini diharapkan dapat memotivasi para pedagang agar usahanya dapat terus tumbuh, di saat menghadapi kondisi yang penuh tantangan seperti saat ini.

Workshop ini diberikan kepada para pedagang dan UMKM pada ekosistem di lima pasar rakyat, di kawasan Jabodetabek, yaitu Pasar Muara Karang, Fresh Market Bintaro, Pasar Modern Sinpasa, Pasar Fresh Market Grand Galaxy Bekasi, dan Pasar Sukatani di Cimanggis, Depok.

Di kelima pasar tersebut, juga digelar aktivitas Cerdas Cermat dengan peserta para pedagang pasar, untuk kembali menggairahkan suasana di pasar. Selain itu, ada aktivitas membagi-bagikan 10.000 masker gratis dari Gerakan Pakai Masker (GPM) sebagai wujud edukasi terhadap disiplin protokol kesehatan di pasar rakyat.

Harapannya, Festival Pasar Rakyat 2021 yang merupakan program CSR Adira Finance, berkolaborasi dengan Titipku dan RCTI+, serta didukung Adira Finance Syariah, Adira Finance Keday, adiraku, GPM, dan Zurich Syariah, dapat mengembalikan semangat pasar rakyat sebagai ruang publik kreatif yang dapat dinikmati semua kalangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1338 seconds (0.1#10.140)