Komisaris MIND ID Tekankan Pentingnya Inovasi Pengelolaan Lingkungan

Rabu, 29 Desember 2021 - 20:37 WIB
loading...
A A A
Di sisi lain, menurut mantan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 ini, banyak perusahaan tambang yang mengabaikan komitmen rehabilitasi. Akibatnya, bencana alam seperti banjir bandang pun terjadi di sejumlah daerah. Sanksi administratif berupa pencabutan izin operasional menjadi usulan untuk dikenakan bagi perusahaan-perusahaan yang tidak berupaya serius dalam melakukan rehabilitasi lahan pascatambang.

“Beberapa cara rehabilitasi inovatif dan efisien antara lain penerapan perlakuan khusus terhadap vegetasi sebelum lahan dibuka, budidaya Eboni yang saat ini menjadi tanaman langka, dan penanaman pohon endemik di awal musim hujan,” terang mantan Danjen Kopassus ini.



Eboni sendiri memiliki nilai ekonomi sangat tinggi dan menjadi material berkualitas untuk alat musik, furnitur, dan ornamen interior. Tak hanya budidaya Eboni, mantan Pangdam XVI/Pattimura ini, juga meminta agar PT Vale Indonesia Tbk membudidayakan Bitti. Bitti merupakan jenis kayu unggulan Sulsel yang sudah langka.

“Jika PT Vale mampu membudidayakan tanaman khas Sulawesi Selatan yang langka tersebut, saya pastikan perusahaan ini akan semakin dicintai warga Bugis dan Makassar dan secara umum warga Sulsel. Karena telah mengembalikan kejayaan nenek moyang mereka, dengan membudidayakan dua tanaman tersebut,” ungkap mantan Pangdam III/Siliwangi ini.
(tri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1375 seconds (0.1#10.140)