Jadi Penasihat Luhut di Pemerintahan, Eks Dirut Bukalapak: Impian Sejak Kecil

Senin, 03 Januari 2022 - 17:29 WIB
loading...
Jadi Penasihat Luhut di Pemerintahan, Eks Dirut Bukalapak: Impian Sejak Kecil
Mantan Direktur Utama (Dirut) PT Bukalapak.com Tbk Rachmat Kaimuddin hari ini resmi bergabung di Kemenko Marves. Foto/Kemenko Marves
A A A
JAKARTA - Mantan Direktur Utama (Dirut) PT Bukalapak.com Tbk Rachmat Kaimuddin hari ini resmi bergabung dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menempatkan pria 42 tahun tersebut sebagai penasihat khusus di bidang teknologi (Technology & Sustainabilty Development Special Advisor). Luhut menilai latar belakang dan kompetensi Rachmat sangat pas untuk mengemban jabatan tersebut.

Rachmat menyatakan posisi barunya ini merupakan wujud pengabdian terhadap pemerintah dan negara. "Buat saya ini adalah suatu kehormatan sangat besar bagi saya diminta oleh Pak Menko Luhut untuk membantu beliau dan juga negara," kata Rachmat dalam pernyataan secara virtual, Senin (3/1/2022).



Menurut Rachmat, bekerja dan mengabdi kepada negara melalui instansi pemerintahan merupakan hal yang sudah dibayangkannya sedari kecil. "Ini sudah menjadi impian saya sejak kecil dan saya berharap bisa bekerja di bidang kepemerintahan dengan baik dan memberikan tenaga serta fikiran untuk kepentingan dan kebaikan kita semua," tuturnya.

Sebelumnya, Menko Luhut Binsar Pandjaitan menyebut tugas Rachmat di Kemenko Marves adalah sebagai penasihat yang akan memberikan laporan dan masukan kepada dirinya pribadi sebagai menteri.



“Kehadiran saudara Rachmat di sini dalam bentuk komitmen pemerintah memberikan kebermanfaatan sekaligus mendorong terjadi transformasi besar, utamanya dalam bidang pembangunan teknologi Indonesia ke depannya, di mana saudara Rachmat memiliki segudang pengalaman dan prestasi di bidang tersebut,” tandasnya.

Sebagai informasi, Rachmat merupakan Direktur Utama di PT. Bukalapak.com Tbk yang berhasil membawa perusahaan tersebut menjadi unicorn pertama yang melantai di bursa saham Indonesia. Namun, dia lantas mengundurkan diri dari posisinya sebagai Direktur Utama Bukalapak pada Selasa (28/12/2021) pekan lalu.



Rachmat memperoleh gelar Bachelor of Science dari Massachusetts Institute of Technology, Cambridge, MA dan Master of Business Administration dari Stanford University, California, Amerika Serikat.

Dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang solid secara profesional di bidang-bidang kunci yang telah ditekuni selama ini, Luhut menilai Rachmat sebagai sosok yang diperlukan saat ini dan ditunggu kontribusinya dalam membangun negeri ini di mana agenda utamanya untuk terus mendukung program kerja Kemenko Marves yang telah diamanahkan presiden Jokowi.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1234 seconds (0.1#10.140)