Pelindo Serah Terima Bisnis dan Siap Lakukan Inbreng Saham kepada Subholding

Rabu, 05 Januari 2022 - 10:41 WIB
loading...
Pelindo Serah Terima Bisnis dan Siap Lakukan Inbreng Saham kepada Subholding
Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono mengatakan, subholding Pelindo telah secara resmi efektif beroperasi per 1 Januari 2022, ditandai dengan penandatanganan kesepakatan serah operasi bisnis. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono mengatakan, subholding Pelindo telah secara resmi efektif beroperasi per 1 Januari 2022, ditandai dengan penandatanganan kesepakatan serah operasi bisnis dari Pelindo kepada PT Pelindo Terminal Petikemas, PT Pelindo Multi Terminal, PT Pelindo Jasa Maritim dan pengalihan usaha kepada PT Pelindo Solusi Logistik pada 29 Desember 2021 lalu.

Baca Juga: Terungkap Hambatan di Sektor Pelabuhan Sebelum Merger Pelindo

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo melakukan serah operasi bisnis dan inbreng atau pengalihan saham pada anak perusahaan kepada subholding sesuai klaster bisnis masing-masing guna memperkuat bisnis setelah dilakukan merger Pelindo .

"Serah operasi antara Pelindo kepada subholding ini terhitung mulai tanggal 1 Januari 2022 dan untuk bentuk kerja samanya kami menggunakan skema revenue sharing," Kata Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono dalam keterangan resmi, Rabu (5/1/2022).

Setelah proses serah operasi, kemudian dilanjutkan dengan pengalihan saham (inbreng) Pelindo pada anak perusahaan kepada subholding sesuai klaster pelayanan peti kemas, pelayanan non peti kemas/multi terminal dan pelayanan jasa maritim atau pada tiga subholding Pelindo yakni PT Pelindo Terminal Petikemas, PT Pelindo Multi Terminal, PT Pelindo Jasa Maritim.

Baca Juga: Ternyata Merger Pelindo Sudah Diperintahkan Jokowi Sejak 7 Tahun Silam

Proses restrukturisasi Pelindo ini kemudian akan dilanjutkan dengan pemurnian bisnis anak dan cucu perusahaan Pelindo di masing-masing klaster.

“Pada 3 Januari 2022, melalui proses inbreng saham anak perusahaan resmi berada di bawah subholding dan menjadi business operator masing-masing klaster. Pengalihan saham dikompensasikan dengan penambahan penyertaan modal Pelindo di subholding,” urainya.

Pada kuartal II 2022, bisnis inti perusahaan pada masing-masing subholding telah tertata dengan baik sehingga dapat terkonsolidasi sesuai klaster bisnisnya masing-masing.

Sebagai catatan, akta pengalihan saham (inbreng) anak perusahaan Pelindo kepada subholding turut disaksikan secara daring oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, dan secara langsung oleh Desty Arlaini, Asisten Deputi Bidang Jasa Logistik Kementerian BUMN, Komisaris Utama Pelindo, Direksi Pelindo, Komisaris Utama dan Subholding Pelindo, serta Direksi Anak Perusahaan Pelindo.

(akr)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1365 seconds (10.55#12.26)