Berawal dari Pesanan Motor Custom Rombongan Presiden, Kini Meraup Rp1,3 Miliar Sebulan

Sabtu, 08 Januari 2022 - 12:28 WIB
loading...
Berawal dari Pesanan Motor Custom Rombongan Presiden, Kini Meraup Rp1,3 Miliar Sebulan
Bisnis kreatif di Sukabumi semakin tumbuh, salah satunya kisah CEO Wafarel98, Teguh Eko Widianto yang bergerak dalam bidang custom motor dan bisa meraup omzet hingga miliaran rupiah dalam satu bulan. Foto/Dok
A A A
SUKABUMI - Bisniskreatif di Sukabumi didorong untuk terus berinovasi di tengah perkembangan teknologi digital dan era media sosial. Salah satu yang bisa menjadi inspirasi yakni kisah CEO Wafarel98, Teguh Eko Widianto.

Ia merupakan motor custom yang produknya sudah dipasarkan ke seluruh Indonesia bahkan dunia berkat teknologi. Bahkan motor custom buatannya pernah dipakai rombongan Presiden Joko Widodo saat kunjungan ke Pelabuhan Ratu beberapa tahun lalu.

“Jadi usaha kita di lokal Sukabumi, memberdayakan 42 karyawan dari Sukabumi, tapi produknya meluas. Dan Alhamdulillah, sebulan ini omzet kami mencapai Rp1,3 miliar, dengan 46 unit motor yang sedang kami kerjakan,” bebernya.



Wafarel98, kata Teguh, mulai naik daun setelah 12 motor customnya dipakai oleh rombongan Presiden Jokowi saat mengunjungi Pelabuhan Ratu tahun 2018 lalu. Termasuk Danpaspampres dan KSP.

“Domino Effectnya ketika 2018 itu ada pesanan 12 motor untuk digunakan ring 1-nya Pak Jokowi. Snowball-nya di situ, harus menyiapkan 12 unit dalam 2 minggu. Nah, dari situ berkembang sampai sekarang,” cerita Teguh.

Teguh mengisahkan, dua tahun terakhir selama pandemi Covid-19, dia menyadari dengan keterbatasan pandemi, dia harus memanfaatkan sosial media sebagai promosi produknya. Dengan sosial media, ia bisa menjangkau seluruh Indonesia, bahkan di dunia.

“Yang sedang kita display ini, dikirim ke Abu Dhabi. Kalau di Indonesia, hampir seluruh Provinsi sudah ada yang beli. Jadi kira harus bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk, sekaligus bisa memanfaatkan program pemulihan ekonomi," tutup Teguh.



Kisah ini disampaikan Teguh dalam dialog lintas komunitas di Sukabumi, Kamis (6/1/2022) yang prakasai oleh Gerakan Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto (Gerakan BerkAH). Dengan melalui dialog ini bisa merangsang tumbuhnya UMKM lokal dan ekonomi kreatif sekaligus menyerap aspirasi di Kabupaten Sukabumi .

Dalam dialog publik di Sukabumi, Gerakan BerkAH menghadirkan Anggota DPRD Kota Sukabumi Sylvie Gustiana Derin dan CEO Wafarel98, Teguh Eko Widianto serta 30 peserta yang berasal dari pelaku UMKM, ojek online, mahasiswa, hingga buruh.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)